SEMARANG – Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (UNDIP) menjadi tuan rumah International Conference on Chemical Engineering and Applied Sciences (ICChEAS), suatu konferensi teknik kimia berskala internasional yang digelar dua tahun sekali. Acara yang diikuti akademisi, profesional dari dunia industri, dan peneliti dari berbagai negara tersebut akan dilaksanakan secara virtual pada tanggal 3 – 4 November 2021.

Ketua panitia ICChEAS 2021, Hermawan Dwi Ariyanto Ph.D,  mengatakan seminar ICChEAS ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin dua tahunan. Sebelumnya seminar ICChEAS ini diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh pada tahun 2019 dan tahun ini Undip menjadi tuan rumahnya melalui Sekolah Vokasi.

Dalam penyelenggaraan tahun  ini, Undip sebagai sebagai tuan rumah ICChEAS 2021 akan melibatkan tiga universitas sebagai co-host yaitu, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Universitas Riau, dan University Technology of MARA (UiTM) Malaysia.  ‘’Penunjukkan Undip sebagai tuan rumah tahun ini tidak lepas dari peran Dekan Sekolah Vokasi UNDIP, Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si,’’ ungkap Dwi Ariyanto, Rabu (23/6/2021).

Seminar ICChEAS Tahun 2021 kali ini mengambil tema ”Designing Tomorrow: Towards Sustainable Engineering and Technology”.  Forum ilmiah yang didedikasikan sebagai forum global dalam rangka diseminasi hasil penelitian dan pengembangan di bidang teknik kimia dan ilmu terapan ini akan mengundang beberapa pelaku industri yang relevan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Dengan demikian, hasil akhirnya diharapkan relevan dengan kebutuhan nyata yang ada.

Ada empat keynote speaker dan lima invited speakers sudah menyatakan kesediaannya untuk bergabung dalam forum ini. Beberapa keynote speaker yang sudah menyatakan kesediaannya antara lain Prof. Hidefumi Yoshii dari Setsunan University Jepang; Assoc. Prof. Jaka Sunarso dari Swinburne University of Technology Malaysia; Dr. Thomas Holmes dari The University of Sheffield Amerika Serikat;  dan Prof. Abrar Muslim dari Syiah Kuala University  Indonesia.

Sedangkan invited speakers yang sudah memberikan konfirmasi di antara adalah Dr. Eng. Asep Bayu (UPI, Bandung), Dr. Nanang Masruchin (Biomaterial LIPI); Dr. Atikah Kadri (UiTM, Malaysia); Dr. Teuku Rihayat (Politeknik Lhoksumawe); dan Dr. Novi Hery Yono, (PPSDM Migas – CEPU). Para pembicara tersebut akan menyampaikan kajian dan pemikirannya di ICChEAS 2021.

Hermawan Dwi Ariyanto berharap kegiatan ini nantinya dapat berjalan dengan lancar. Dia menyarankan para sivitas akademika mengikuti kegiatan pada bidang keilmuan yang sesuai dengan topik seminar. “kegiatan seminar ini juga akan dipublikasikan ke dalam conference proceeding yang terindeks scopus,” kata Ariyanto.

Tidak hanya itu, beberapa artikel terbaik akan dipublikasikan ke jurnal yang bereputasi dan terindeks scopus. Penerimaan abstrak seminar dibuka sampai dengan tanggal 31 agustus 2021. Untuk informasi lebih lanjut tentang seminar ini bisa menghubungi Hermawan (0857-2700-8949), Rizka Amalia (0856-4137-7920) dan Shifa Fauziah di nomer 0856-4171-2712. (tim humas)