Semarang-Universitas Diponegoro masih menggelar ujian online UM S1 hingga tanggal 2 Juli 2021 mendatang. Dari pengamatan hingga berakhirnya sesi 3 hari ketiga hari ini Rabu(26/6/2021), ujian berjalan lancar.

Dalam satu hari ujian online digelar 3 sesi. Sesuai peraturan, petugas pengawas dan peserta ujian wajib membuka zoom kurang lebih satu jam sebelum ujian. Hal tersebut dilakukan untuk persiapan ujian berupa tutorial, membacakan tata tertib dan melakukan pengecekan. Sebelum ujian dimulai, peserta dimohon untuk memperlihatkan kondisi ruang melaksanakan ujian. Hal itu dilakukan untuk memastikan peserta mengerjakan sendiri soal ujian tersebut. Petugas pengawas juga melakukan pengecekan data peserta ujian untuk memastikan kesesuaian nama peserta dan wajah peserta.

Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan peserta ujian yang dapat menghambat pelaksanaan ujian dan menjadikan pelanggaran, diantaranya:

  1. Join zoom terlambat
  2. Tidak bisa login karena tidak memperhatikan nomor peserta saat login
  3. Tidak bersedia menunjukkan kartu identitas
  4. Melakukan gerak-gerik yang mencurigakan seperti gerakan mulut, gerakan mata dan gerakan anggota tubuh lainnya
  5. Jalan-jalan saat ujian
  6. Tidak bersedia menghidupkan kamera/video zoom

Meskipun dilakukan pengawasan secara online, namun petugas pengawas benar-benar memperhatikan peserta ujian selama ujian berlangsung. Selama menjalankan pengawasan, petugas juga dapat berinteraksi jika ada peserta ujian yang mengalami kesulitan. Untuk beberapa pelanggaran yang dilakukan peserta ujian seperti tidak bersedia menunjukkan kartu identitas, melakukan gerak-gerik yang mencurigakan, maka petugas pengawas berhak untuk menegur. Teguran akan diberikan hingga 3 kali untuk peserta bersedia menunjukkan identitas dan melanjutkan ujian. Begitu pula apabila dilihat peserta melakukan gerakan mencurigakan, maka petugas pengawas berhak memberikan peringatan hingga 3 kali untuk peserta dapat melanjutkan ujian. Adapun untuk peserta yang jalan-jalan saat ujian dan tidak bersedia menghidupkan kamera/video zoom saat ujian, maka petugas pengawas dapat mengeluarkan peserta dari zoom, dikarenakan peserta sudah diingatkan dan dibacakan tata tertib ujian sebelum ujian dimulai. Yakni wajib menghidupkan kamera/video zoom saat ujian dan dilarang meninggalkan zoom saat ujian. Terlebih jika ditemukan tindakan perjokian dan kecurangan lainnya, maka peserta dapat dikeluarkan dari zoom dan daftar peserta ujian.

Ujian online adalah yang pertama diadakan untuk UM tahun 2021 ini. Dalam pelaksanaannya, ujian online UM S1 tahun ini menggunakan aplikasi CAT (Computer Assisted Test) yang didesain oleh tim IT Universitas Diponegoro di bawah arahan Plt. Wakil Rektor III bidang Komunikasi dan Bisnis Undip Dwi Cahyo Utomo, SE.,MA.,Ph.D. Untuk peserta mengerjakan soal dari rumah atau daerah asalnya masing-masing. Proses pelaksanaannya dimonitor oleh tim IT Undip. Apabila terdapat kendala teknis segera ditangani oleh tim IT Undip. “Meskipun ujian ini diawasi secara online, namun pengawasan ketat dilakukan oleh para petugas pengawas”,tegas Dwi. Ia berpesan untuk peserta ujian online UM S1 Undip untuk mengikuti tata tertib yang sudah disetujui, seperti:

  1. Wajib menghidupkan kamera/video zoom saat ujian
  2. Dilarang meninggalkan zoom saat ujian
  3. Dilarang melakukan perjokian, tindakan tidak jujur, dan melakukan kecurangan lainnya
  4. Mengerjakan soal ujian berdasarkan waktu dan alokasi waktu
  5. Yang utama, memastikan jaringan wifi atau kuota mencukupi untuk ujian online

Ujian online UM (Ujian Mandiri) S1 Undip akan berlangsung selama 10 hari. Setiap hari terdapat 3 sesi ujian dan diawasi secara online oleh pengawas mengingat masih masa pandemi. Satu orang pengawas bertugas mengawasi 20 peserta ujian. Ujian online diawasi ketat oleh petugas, sehingga peserta diwajibkan menghidupkan kamera/video zoom untuk dapat dimonitor oleh petugas.

Diharapkan dengan mematuhi tata tertib, peserta dapat lebih konsentrasi dan lancar dalam mengerjakan soal ujian.

(Utami-Humas)