Semarang-Jumat (25/6/2021) merupakan hari kelima dilaksanakannya ujian online UM S1 Universitas Diponegoro. Secara umum ujian online berjalan dengan lancar. Namun tidak semua peserta dapat mengikuti ujian sesuai jadwal dikarenakan sakit dan mengalami kecelakaan.

Salah satunya adalah peserta bernama Maulidya Ananta. Ia mendapatkan jadwal ujian online pada hari Kamis (24/6/2021) jam 10.30 WIB. Namun kondisi Maulidya sedang tidak fit karena terinfeksi virus Covid-19. Hal ini membuatnya tidak bisa ikut ujian di hari tersebut.

Lain lagi dengan cerita dari peserta bernama Salsabila Rosmalia Dewi. Dia mengalami kecelakaan pada saat akan ujian online di hari Selasa (22/6/2021), sehingga ia gagal mengikuti ujian di hari itu.

Musibah adalah sesuatu yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Yang tidak bisa diprediksi kapan terjadi. Seperti yang dialami oleh beberapa peserta yang gagal ikut ujian karena sakit dan kecelakaan. Karena itu Undip bersimpati dan memberikan kebijakan bagi peserta yang mengalami musibah untuk mengikuti ujian kembali. Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA., selaku Ketua LP2MP dalam keterangannya pada Jumat (25/6/2021) menyampaikan rasa turut prihatin bagi peserta yang mengalami musibah. Lonjakan Covid-19 yang semakin tinggi disertai varian virus yang semakin mudah menular menyebabkan beberapa peserta harus menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

“Untuk itu kami memberikan kesempatan kepada peserta yang mengalami musibah baik kecelakaan atau yang sakit karena terpapar covid untuk mengikuti ujian online pada jadwal yang sudah ditentukan yakni tanggal 01 Juli 2021 mendatang”, jelasnya. Dia berharap peserta yang saat ini masih sakit karena terpapar Covid-19 dan yang mengalami kecelakaan segera sehat dan pulih kembali.

Sementara untuk peserta lain yang menjalani masa isolasi mandiri diberikan dispensasi untuk mengerjakan ujian di luar ruangan, tidak di dalam ruangan. Tetapi tetap diminta untuk menunjukkan kondisi lingkungan sebelum ujian dimulai.

Suasana di ruang pengawas ujian online UM S1 Undip

Budi Sasongko berpesan untuk peserta yang saat ini masih sakit dan mengalami musibah untuk tetap semangat. “Terus semangat, siapkan diri untuk kembali berkompetisi”, pungkasnya. (Utami-Humas)