Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Diponegoro menggelar Opening Ceremony Diponegoro Art Competition 2021. Acara berlangsung secara daring melalui live streaming channel Youtube Undip TV pada Jum’at (25/06) pukul 07.00 WIB.

Diponegoro Art Competition (DAC) merupakan program kerja tahunan yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Diponegoro bidang Seni dan Olahraga tahun 2021. Event kompetisi seni tahunan terbesar di Universitas Diponegoro ini berlangsung dari tanggal 25 sampai 26 Juni 2021.

Diponegoro Art Competition 2021 mengangkat tema Baskara Bhinneka Nusantara. Dengan perkembangan jaman yang semakin dinamis, nilai-nilai luhur Kebhinnekaan diharapkan tetap dijaga dengan baik. “Diharapkan agar kita bisa menjadi manusia yang adaptif terhadap perubahan yang signifikan namun dapat tetap menjunjung tinggi Kebhinnekaan di Nusantara”, ungkap Ketua Pelaksana Diponegoro Art Competition 2021, Reyzza Anferditya.

Selama dua hari ini, Diponegoro Art Competition 2021 mengadakan kompetisi seperti Lomba Cover Lagu Pop Putra/Putri, Cover Lagu Dangdut Putra/Putri, Cover Lagu Seriosa Putra/Putri, Cover Lagu Keroncong Putra/Putri, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon Baca Puisi Putra/Putri, Desain Poster, Lukis, Fotografi Hitam Putih, Monolog, Komikstrip dan Vokal Group.

Diponegoro Art Competition 2021 harus diselenggarakan secara daring, namun tidak menghilangkan esensi, serta semangat dan tekad dari para peserta ketika berkompetisi. “Meskipun Diponegoro Art Competition dilaksanakan secara daring, saya yakin hal ini tidak menyurutkan semangat dan tekad kita menyalurkan jiwa seni kedalam karya yang kita miliki”, jelas Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, M. Chory Firdaus dengan penuh semangat.  “Diponegoro Art Competition merupakan suatu wadah yang diberikan kepada segenap mahasiswa untuk menyalurkan minat bakat dibidang seni yang nantinya akan mencetak seniman yang berbakat dan inspiratif”, lanjutnya.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menyambut baik acara Diponegoro Art Competition 2021. “Saya selaku Rektor Universitas Diponegoro menyambut dengan baik Diponegoro Art Competition yang didalamnya bertemakan Baskara Bhinneka Nusantara”, ucap Prof Yos.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., saat memberikan sambutan dalam Opening Ceremony Diponegoro Art Competition 2021

Bangsa yang besar adalah bangsa yang punya kemandirian dalam budaya, acara Diponegoro Art Competition ini diharapkan dapat menjadi satu estafet kebudayaan dari generasi ke generasi yang lain. “Kegiatan ini sangat strategis karena berusaha mengestafetkan budaya-budaya yang apik, sehat dan budaya-budaya yang menuju satu hal kebaikan suatu bangsa dan dapat ditularkan kepada generasi berikutnya. Dengan adanya pola estafet ini kemandirian bangsa akan menjadi kokoh”, tuturnya.

(Dhany-Humas)