Semarang-Sabtu (26/6/2021) merupakan hari keenam pelaksanaan ujian online UM S1 yang digelar oleh Universitas Diponegoro. Pemantauan pelaksanaan ujian online hingga hari ini berjalan tertib dan lancar. Hal tersebut tidak lepas dari peran LP2MP (Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan) selaku unit penyelenggara yang didukung oleh Tim IT Universitas Diponegoro dalam memberikan informasi.

“Ujian online untuk seleksi UM tahun ini adalah yang pertama yang menggunakan aplikasi CAT (Computer Assisted Test). Mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan ujian semua berjalan dengan sistem. Diawali dengan membuat akun untuk mendaftar ujian, untuk kemudian peserta mendapatkan nomor peserta dan jadwal ujian semuanya menggunakan sistem yang didesain oleh Tim IT Undip”, jelas Ketua LP2MP Undip Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA., dalam wawacara pada Sabtu (26/6/2021).

Ujian dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 21 Juni hingga 2 Juli 2021. Dalam satu hari ujian dilaksanakan menjadi 3 sesi. Berikut jadwal ujian online UM S1 Undip yang penting untuk diperhatikan:

Sesi 1 pukul 08.00-10.00 wib

Sesi 2 pukul 11.00-13.00 wib

Sesi 3 pukul 14.00-16.00 wib

Ujian online berjalan selama 2 jam, tetapi pengawas dan peserta wajib join zoom 30 menit sebelum ujian dimulai untuk persiapan diantaranya pengecekan identitas peserta, tutorial dan pembacaan tata tertib ujian oleh petugas pengawas.

Budi Sasongko berpesan untuk peserta agar memperhatikan jadwal tersebut sehingga tidak terlambat ujian. Selain juga banyak berlatih dengan mengerjakan soal-soal latihan. Untuk membiasakan pengerjaan soal-soal ujian, peserta dapat pula mengikuti tryout sebelum mengikuti ujian. “Dan yang utama adalah berdoa sebelum ujian supaya diberikan kelancaran”, tuturnya.

Diharapkan dengan memperhatikan waktu ujian dan persiapan yang matang, peserta lancar dalam menempuh ujian.

Suasana Ruang Pengawas di Ruang Kontrol LP2MP

Bagi peserta yang masih mengalami kesulitan, atau untuk permohonan informasi berkaitan dengan pelaksanaan ujian online dan informasi yang berhubungan dengan PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) dipersilahkan menghubungi Sekretariat PMB Undip melalui nomor telepon: 024-7460033  dan whatsapp di nomor: 08112883688 atau via email: um@live.undip.ac.id. (Utami-Humas)