Belajar Teknik Komputer bagi kebanyakan orang masih menganggap bahwa jurusan tersebut adalah suatu disiplin ilmu yang cukup sulit, namun begitu Teknik komputer masih saja menjadi jurusan favorit bagi para generasi muda era milenial atau digital saat ini. Menurut Kurniawan Teguh Martono., ST., MT., Dosen Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, setiap disiplin ilmu memiliki tingkat kesulitan masing-masing, dan setiap orang ketika belum mengenal atau mempelajari disiplin ilmu tersebut akan berkata sulit. Namun bagi manusia hal itu bukanlah sebuah hambatan. Setiap hal dapat dipelajari sehingga apa yang sulit akan menjadi mudah.

“Strategi saya dalam mengajar adalah setiap diawal semester pada awal pertemuan biasanya saya akan menyampaikan hal hal yang menarik dari sebuah materi perkuliahan. Misalnya adalah yang berhubungan dengan komputer yaitu game. Saya akan memberikan bagaimana menariknya bermain sebuah game, bagaimana hoby maen game bisa menghasilkan uang. Dari situ baru kita masuk kedalam materi perkuliahan. Dengan memberikan gambaran gambaran yang sederhana bagi mahasiswa ketika akan belajar maka akan memberikan wawasan dan akan meningkatkan minat belajar. Belajar di Departemen Teknik komputer sangat menarik, mahasiswa diberikan kesempatan untuk ikut eksplorasi teknologi baru melalui tawaran project dari dosen” tuturnya.

Teguh mengatakan yang menarik belajar di Teknik Komputer adalah mahasiswa dapat memahami bagaimana sebuah sistem dapat berjalan, bagaimana mahasiswa bisa merencanakan, membuat dan melakukan proses maintenance sebuah sistem. Banyak sistem berbasis komputer yang dapat dipelajari seperti Sistem Informasi, Game, IoT, Augmented Reality atau Virtual Reality. Selain itu ada juga di Tekinik komputer juga mempelajari mengenai keamanan sebuah sistem. Mahasiswa diberikan ilmu atau pengetahuan bagaimana mengamankan sebuah sistem agar data aman dari serangan hacker. Ini sangat menarik bagi mahasiswa. Untuk mendukung itu jurusan kami juga telah memberikan pelatihan kepada dosen seperti CEH (certified Ethical Hacker). HCIA AI ( Sertifikasi bagi Instruktru AI), Cyber Security dari Cisco dan lain lain. Sedangkan Peluang dan prospek lulusan Teknik komputer sangat luas karena bisa kita lihat saat ini semua aspek industry memerlukan lulusan dari Teknik komputer. Lulusan kami dapat bekerja di instansi pemeritah, industry, atau wirausaha sebagai konsultan ataupun membangun startup.

“Industri game mengalami perkembangan yang sangat luar biasa tetapi masih sedikit yang tertarik untuk membangun industry ini, membangun industry game memerlukan modal dan kemauan yang kuat. Sebagai pendidik tentunya kami membekali mahasiswa dengan berbagai kemampuan untuk dapat membangung sebuah game, bagaimana game dari tahap awal di rencanakan sampai pada tahap akhir dimana game ini bisa di launching. Namun semua kembali kepada mahasiswa nantinya” lanjutnya.

Ia menyampaikan, interaksi manusia dan komputer adalah sebuah proses bagaimana manusia dan komputer bisa saling berkomunikasi. Proses komunikasi ini biasanya menggunakan antarmuka atau interface. Sebagai contoh misalkan kita menjalankan aplikasi sistem informasi, didalam sistem tersebut akan ditampilkan berbagai menu, melalui menu yang ada pada antarmuka tersebut pengguna sistem dapat melakukan komunikasi misalkan ingin menambah data, menghapus data atau yang lainnya. Melalui kajian ini maka tujuan dari IMK sendiri adalah untuk menciptakan sistem yang ramah pengguna  (User Friendly) yang juga fungsional dan aman. Ia juga berharap fasilitas pendidikan dan riset baik gedung ataupun peralatan yang diperlukan baik untuk mahasiswa atau dosen Undip dapat meningkat lagi.  (Linda Humas)