Sebagai lembaga yang memiliki fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa khususnya bahasa Inggris, SEU FIB Undip terus berupaya memfasilitasi mahasiswa dan publik dalam bidang terkait. Beragam program dan kegiatan diselenggarakan sebagai bentuk nyata pelayanan. Di antara program-program yang dimaksud adalah kegiatan bertajuk Biweekly Online Sharing Session on Culture and Language: Issues, Perspectives, and Prospects.

Kegiatan ini berbentuk diskusi daring dengan mengusung isu, perspektif, dan prospek budaya dan bahasa dewasa ini. Diselenggarakan dua minggu sekali untuk tiga bulan ke depan, SEU FIB menghadirkan pembicara-pembicara dengan bidang keahlian dan pengalaman yang mumpuni dari kalangan akademisi maupun praktisi.

Sesi pertama kegiatan dengan topik “Bahasa Inggris dalam Konteks Komunikasi Lintas Kebudayaan” dan “Prospek dan Perkembangan Bahasa dan Kebudayaan Jepang Dewasa Ini” telah diselenggarakan pada 15 Juli 2021 secara daring. Antusiasme peserta terlihat dengan adanya puluhan peserta yang hadir pada kegiatan tersebut. Sesi berlangsung santai dan interaktif.

Rifka Pratama, ketua SEU FIB 2021, menyatakan bahwa “sharing sessions ini adalah bagian dari semangat lembaga untuk terus berperan melayani mahasiswa dan publik dalam hal pengembangan keterampilan kebahasaan”. Resky, salah satu peserta dari Universitas Indonesia, mengatakan “kegiatan ini sangat bermanfaat dan seru sekali”. Dengan melihat adanya animo dan antusiasme peserta yang tinggi, SEU FIB Undip terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan program.

Detail jadwal kegiatan biweekly online sharing session adalah sebagai berikut. Calon peserta juga dapat mengakses informasi dan program SEU FIB Undip melalui Instagram @seufibundip.

 

*Topik dan Pembicara:

Session #1 (July 15, 2021 / 13.00-14.30 WIB)

Bahasa Inggris dalam Konteks Komunikasi Lintas Kebudayaan (Rifka Pratama, S.Hum., M.A.)

Prospek dan Perkembangan Bahasa dan Kebudayaan Jepang Dewasa ini (Arsi Widiandari, S.S., M.Si.)

 

Session #2 (July 29, 2021 / 13.00-14.30 WIB)

Bahasa Inggris untuk Berkarir di Dunia Akademik (Heriyanto, Ph.D)

English as a Foreign Language: Bagaimana Pembelajar Menggunakan Bahasa Inggris dan Menyikapi English Proficiency Test? (Ayu Ida Savitri, S.S., M.Hum)

 

Session #3 (August 12, 2021 / 13.00-14.30 WIB)

Berbahasa Inggris dan Identitas Kebudayaan (Arido Laksono, S.S., M.Hum.)

Multilingualisme dan Milenial: Apakah Penting Menguasai Banyak Bahasa? (Ari Prabowo, S.S.)

 

Session #4 (August 26, 2021 / 13.00-14.30 WIB)

Serba Serbi Penerjemahan Bahasa Inggris (Fitri Alfarisy, S.Pd., M.Hum.)

English for Expanding your Social Connectedness (Girindra Putri Ardana Reswari, S.Pd., M.Sc.)

 

Session #5 (September 9, 2021 / 13.00-14.00 WIB)

Asyiknya Belajar Sastra Inggris (Bondan Eko Suratno, S.S., M.Hum.)

 

Suasana Zoom meeting di Session #1 (15 Juli 2021 / 13.00-14.30 WIB)