JEPARA — Bagi warga Jepara yang ingin kuliah di Univeristas Diponegoro (UNDIP), kini tidak harus datang ke Semarang karena terhitung sejak Tahun Akademik (TA) 2021/2022 Undip membuka dua Program Studi (Prodi) Sarjana di Kampus Teluk Awur Jepara. Kedua Prodi S1 tersebut adalah Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum, dan Prodi Keperawatan Fakultas Kedokteran.

Dalam takshow bersama Kartini FM 94,2 Jepara dengan tema “Mengenal Lebih Dekat Kampus Undip” yang dilaksanakan Kamis (22/7/2021) pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB, Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H. M.Hum, mengatakan setelah memperluas jangkauan melalui PSDKU (Progam Studi Di luar Kampus Utama) di Rembang dengan prodi D3 Manajemen dan S1 Administrasi Publik; serta di Batang dengan Prodi D3 Administrasi Pajak dan D3 Hubungan Masyarakat; Undip juga membuka membuka Prodi Sarjana (S1) Ilmu Hukum dan Keperawatan di PSDKU Jepara. Langkah tersebut dilakukan karena kedua Prodi tersebut sudah memiliki Akreditasi A.

“Manfaatkanlah kesempatan emas ini. Tentunya ada pertimbangan-pertimbangan bagi warga Jepara. Prinsip dasar kami yakni pager mangkok lebih kuat dari pada panger tembok, artinya kalau kita saling berangkulan maka sangat membantu dan menguntungkan,” ajak Prof Yos di hadapan para pendengar.

Pada talkshow radio yang dimoderatori Nasya Ahmad, Prof Yos juga mengajak warga Jepara untuk bisa kuliah di Kampus Undip Jepara. Sebab dua Prodi tersebut selain sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT, juga sudah mendapat pengakuan Internasional. Karena itu wajar kalau banyak alumni Undip yang bekerja di lembaga internasional.

Mengutip hasil survey lembaga-lembaga pemeringkatan yang kredibel, lulusan Undip secara nasional menduduki peringkat tercepat ke-3 dalam hal mendapatkan pekerjaan. Penilaian itu diberikan oleh lembaga pemeringkat internasional, Quacquarelli Symonds (QS) dari hasil survey terhadap lulusan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. “Ini menunjukkan kecepatan dan ketepatan lulusan Undip dalam mendapatkan pekerjaan. Sehingga dapat menunjukkan bahwa lulusan Undip mudah mendapatkan pekerjaan,” tegasnya.

Dalam talkshow tersebut dijelaskan pula bahwa, saat ini Kampus Undip yang berada di Jepara masih terus melakukan pengembangan baik dari segi infrastruktur maupun peralatan-peralatan kesehatan dengan standar nasional bahkan internasional. Adapun untuk dosen-dosen sudah disiapkan khususnya tenaga-tenaga pengajar yang sudah bergelar doktor maupun profesor untuk turut mengembangkan Kampus Jepara.

Sementara disinggung terkait biaya tinggi, Prof Yos menjelaskan biaya kuliah cukup terjangkau misal di Ilmu Keperawatan, untuk biaya satu semester delapan juta dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) Rp 45 juta bisa diangsur. Kalaupun di semester kedua mahasiswa merasa keberatan bisa mengajukan keringanan. Bahkan keringanan itu bisa sampai per semesternya hanya membayar Rp 500 ribu.

“Jadi jangan takut kuliah di Undip, karena kami memiliki prinsip tidak ada mahasiswa yang keluar gara-gara tidak bisa membayar uang kuliah. Karena kami juga memiliki prinsip tolong menolong antara orang yang mampu dan kurang mampu,” tegasnya.

Sedikit gambaran bahwa, Prodi Keperawatan Undip merupakan salah satu dari Program Studi Favorit yang ada di Undip dan Terakreditasi A oleh LAM-PTKES. Prodi ini berkiprah untuk mencetak perawat profesional yang memiliki pribadi COMPLETE (Communicator, Manager dan Leade, Educator, Professional Character, Enterprener dan Thinker) sebagai perwujudan dari visi Undip terhadap para lulusannya.

Kurikulum yang dikembangkan dan dilaksanakan berbasis kampus merdeka dan merdeka belajar. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode hybrid (daring dan luring) berbasis penerapan Student Center Learning yang membawa mahasiswa berperan aktif dalam pembelajaran dan membentuk keunggulan sebagai lulusan serta dukungan berbasis fasilitas laboratorium keperwatan yang support dengan pengalaman belajar mahasiswa di rumah sakit yang modern dan terakreditasi Internasional.

Adapun Prodi S1 Imu Hukum Undip yang merupakan salah satu fakultas yang kelahirannya sama dengan berdirinya Kampus Diponegoro, sudah tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak kiprah FH Undip sebagai lembaga maupun para alumninya di di bidang hukum dan bidang-bidang lainnya. (tim humas)