Meta Kurniawati, Salsabila Chairunisa, dkk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro yang berlokasi di Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Program kerja yang telah berjalan diantaranya adalah melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan, pembagian tanaman obat jahe dan kunyit, pelabelan produk UMKM, membagikan masker pada masyarakat, melaksanakan kegiatan membuat nugget ikan untuk dibagikan kepada masayarakat yang memiliki balita guna meningkatkan minat konsumsi dan mencegah terjadinya stunting.

Selain itu para mahasiswa KKN juga aktif membantu kegiatan desa, seperti membantu dalam kegiatan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) di balai desa Saradan, membantu kegiatan pembagian sembako dari BPNT untuk masyarakat dan membantu kegiatan pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa  (BLT-DD). Mereka membuat banner infografis kependudukan dan memasang banner tersebut di balai desa, menyerahkan modul infografis kepada pihak balai desa dan menjelaskan mengenai isi modul kepada perangkat desa.

Sedangkan mengenai masalah COVID-19, mereka berinisiatif membuat program kerja dengan tema COVID-19 yaitu Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Terkait Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam membantu menjaga kesehatan dan edukasi terkait COVID-19 tentang gejala, penanganan darurat, hingga prosedur Isolasi Mandiri, melalui media poster. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat dengan meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat, apalagi dimasa pandemi COVID-19 saat ini masyarakat dituntut untuk selalu menjaga diri dan keluarganya, serta meningkatkan imun tubuh. (Linda Humas)