Laboratorium Sentral Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) saat ini tengah dipersiapkan untuk penyelenggaraan vaksinasi Covid-19. Kegiatan vaksinasi rencananya mulai dilaksanakan Kamis minggu ini (05/08/2021). Tahap awal, vaksinasi ditujukan untuk mahasiswa dan keluarga karyawan Universitas Diponegoro. Pendaftaran vaksinasi dapat dilakukan melalui SSO (Single Sign On) Universitas Diponegoro, dengan cara mendaftarkan nama lengkap dan NIK.

Plt. Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis Undip, Dwi Cahyo Utomo, SE., MA., Ph.D  saat meninjau persiapan lokasi vaksinasi Senin siang (02/08/2021), menjelaskan pelayanan vaksinasi ini bagian dari upaya Undip mencegah penyebaran virus dan membentengi keluarga besar Undip dari terpapar Covid-19.

“Seluruh karyawan Undip telah mendapat vaksinasi, namun keluarganya belum di vaksin. Nah anggota keluarga juga perlu di vaksin untuk melindungi dan memperoleh kekebalan dari paparan Covid-19. Demikian pula bagi mahasiswa Undip, banyak yang belum mendapatkan vaksinasi. Untuk itu tahap awal, prioritas kami adalah mahasiswa Undip dan keluarga karyawan. Tahap berikutnya, dibuka untuk masyarakat sekitar Tembalang”, jelas Dwi Cahyo.

Pelaksanaan vaksinasi ini dibawah pengawasan para dokter dan tenaga kesehatan RSND yang telah berpengalaman menggelar vaksinasi. Kelancaran proses vaksinasi, tergantung pula pada hasil pendaftaran dan konfirmasi peserta untuk datang.

“RSND pernah menggelar vaksinasi, namun saat itu prioritas untuk para dokter dan tenaga kesehatan. Kegiatan vaksinasi ini menjadikan kami memiliki tim vaksin sebanyak 15 orang dokter dan nakes yang handal dan berpengalaman melaksanakan vaksinasi. Untuk vaksinasi mahasiswa dan keluarga karyawan Undip, kami akan menambah tenaga dokter dan nakes menjadi 23 orang dengan target 400 orang per-hari. Bila lancar, target bisa ditambah menjadi 700 orang,” demikian jelas Dr. dr. Sutopo Patria Jati, MM., M.Kes selaku Direktur RSND.

Suksesnya pelaksanaan vaksinasi di Laboratorium Sentral RSND tak lepas pula dari peran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Selain menyertakan para Dosen Fakultas Kedokteran yang juga merupakan dokter berpengalaman RSND, Fakultas Kedokteran Undip rencananya juga akan menerjunkan mahasiswa dan para residen dokter untuk membantu kelancaran proses vaksinasi. Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran Undip, Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M.Kes., Sp.S(K).

“Sentral vaksinasi ini memang tidak bisa dilepaskan dari peran Fakultas Kedokteran Undip sebagai sumber SDM. Dosen-dosen kami juga dokter di RNSD. Mahasiswa, residen semua terlibat untuk mensukseskan program Undip sebagai sentral vaksinasi,” kata Prof. Onang, panggilan akrab Dekan FK Undip.

Laboratorium Sentral yang terdapat di kompleks RSND ini, dipilih sebagai tempat yang tepat untuk melaksanakan vaksinasi. Selain nyaman. selalu terjaga bersih, tempatnya pun luas sehingga mudah untuk menerapkan protokol kesehatan. Meski demikian, pengaturan jadwal vaksin bagi peserta perlu diatur secara ketat. Untuk itu, diharapkan bagi peserta vaksin yang telah mendaftarkan diri melalui SSO, agar disiplin waktu, datang sesuai jadwal yang telah ditetapkan dan tidak terlambat. Hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan peserta dan menghindari kerumunan. Adapun jenis vaksin yang akan diberikan yaitu Sinovac yang telah dinyatakan memenuhi standar internasional oleh WHO, baik dalam proses pembuatan, keamanan maupun efikasinya. (Tim Humas)