SEMARANG – Universitas Diponegoro (UNDIP) membuka sentral layanan Vaksinasi Covid-19 untuk civitas akademika dan warga masyarakat umum dengan waktu pelaksanaan dari  5 Agustus sampai 13 Agustus 2021. Layanan vaksinasi tersebut dibuka di Laboratorium Sentral Fakultas Kedokteran (FK) Undip  Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), Tembalang, Kota Semarang.

Untuk memudahkan pelayanan, pendaftaran dilakukan secara online dengan mengirim melalui form.undip.ac.id/vaksinasi/pendaftaran. Dari proses pendaftaran tersebut akan ditindak-lanjuti dengan jadwal vaksinasinya, sehingga bisa dihindari terjadinya kerumuman.

Untuk memastikan kelancaran pelayanan vaksinasi tersebut, Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, Kamis (5/8/2021), memantau langsung ke lokasi. Dari hasil pemantauan diketahui proses vaksinasi yang diikuti civitas akademika dan masyarakat umum itu berjalan dengan baik, tertib dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Rektor mengatakan, sentral vaksin ini diharapkan bisa membantu dan mempercepat program percepatan pemerintah dalam vaksinasi. Undip, kata Prof Yos, mendukung penuh upaya pemerintah dalam menangani Covid-19 di tanah air, khususnya melalui upaya pencapaian herd immunity melalui program vaksinasi.

Sebagaimana diketahui, pemerintah mentargetkan vaksinasi pada pada bulan Agustus sebanyak 2 juta dosis per hari. Upaya tersebut merupakan bagian dari percepatan herd immunity atau kekebalan komunitas yang diharapkan bisa tercapai dalam tahun ini.

Turut bersama melakukan peninjauan langsung Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Undip, Prof Mohamad Nasir MSi, Akt PhD; dan Direktur RSND Dr dr Sutopo Patria Jati MM MKes. Prof Nasir, yang juga staf khusus Wapres mengatakan vaksin ini bantuan dari pemerintah, lewat Kementerian Kesehatan. Pada hari pertama berhasil dilakukan vaksinasi kepada 400 orang, adapun total vaksin yang tersedia sebanyak 3.070 dosis.

Direktur RSND,  Sutopo, menyampaikan terimakasihnya kepada pemerintah yang mempercayakan RSND Undip untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. ‘’Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan pemerintah menjadikan Undip sebagai salah satu sentral Vaksinasi Covid-19. Kami menyediakan dan mengupayakan penuh fasilitas dan tenaga kesehatannya, yakni perawat dan dokter yang mengawal pelaksanaan,’’ katanya.

Menurut dia, kelancaran vaksinasi di Laboratorium Sentral RSND tak lepas pula dari peran Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Selain menyertakan para Dosen Fakultas Kedokteran yang juga merupakan dokter berpengalaman di RSND, Fakultas Kedokteran Undip juga akan menerjunkan mahasiswa dan para residen dokter untuk membantu kelancaran proses vaksinasi.

Laboratorium sentral yang terdapat di kompleks RSND ini, dipilih sebagai tempat yang tepat untuk melaksanakan vaksinasi. Selain nyaman, selalu terjaga bersih, tempatnya pun luas sehingga mudah untuk menerapkan protokol kesehatan. (tim humas)