Seluruh jajaran pimpinan dan pegawai di lingkungan Universitas Diponegoro (Undip) pada pagi ini, Senin (09/08) pukul 08.00 WIB mengikuti kegiatan Apel Pagi Virtual melalui platform Zoom Meeting.

Bertindak sebagai Pembina Apel, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Dalam pidatonya Prof Yos menyampaikan bahwa kegiatan Apel Pagi Virtual ini bertujuan untuk proses re-enlightenment, yakni sebagai pengingat bahwa setiap Pegawai ASN dan Non ASN di lingkungan Undip masih mempunyai tanggung jawab terhadap pekerjaannya walaupun Bekerja Dari Rumah (BDR) di masa pandemi ini.

“Ini adalah proses re-enlightenment, supaya kita selalu terjaga dengan janji-janji kita, dengan pancasila kita, karena di dalamnya ada ketauhidan, dengan janji kita sebagai insan Aparatur Sipil Negara. Ini perlu untuk kembali mengingatkan kepada kita agar kita sadar bahwa kita masih menjadi Aparatur Sipil Negara dan masih menjadi Pegawai Undip”, ungkap Prof Yos

Selain itu, Prof Yos dalam pidatonya menjabarkan mengenai proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Undip yang telah sukses dilaksanakan. “Proses Penerimaan Mahasiswa Baru sudah selesai dan Alhamdulillah sukses luar biasa. Sukses mendapatkan putra putri terbaik yang masuk Undip. Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada semua pihak, terutama para Wakil Rektor, LP2MP, para Dekan, dan semua Unit yang saling mendukung”, jelas Prof Yos.

Tingginya minat calon Mahasiswa Baru yang mendaftar ke Undip, salah satunya dikarenakan pencapaian Undip yang berhasil menduduki peringkat ke 3 Indeks Kinerja Utama (IKU) PTN-BH. “Undip menempati peringkat ke 3 Nasional dari Indeks Kinerja Utama PTN-BH dari sekian ratus Perguruan Tinggi yang ada”, pungkas Prof Yos.

Prof Yos di akhir pidatonya berpesan kepada seluruh Pegawai Undip agar selalu cermat dalam bekerja. “Mohon dalam bekerja harus cermat dan mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada. Jangan sampai menimbulkan masalah yang pada akhirnya akan merepotkan Undip”, jelas Prof Yos.

Kegiatan Apel Pagi Virtual ini diselenggarakan berdasarkan Surat Edaran dari Sekjen Kemendikbud Ristek dan menindaklanjuti surat dari Rektor Nomor: 505/UN7.P/TU/2021 tanggal 30 Juli 2021, tentang himbauan kepada seluruh pegawai di lingkungan Undip untuk melaksanakan kegiatan Apel Pagi Virtual, mendengarkan lagu Indonesia Raya, dan membacakan Pancasila. (Dhany-Humas)