Hampir setiap tahun Universitas Diponegoro menyambut mahasiswa baru, salah satunya dengan menggelar Orientasi Diponegoro Muda (ODM) yang diinisiasi oleh bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undip. Tujuan ODM diantaranya adalah menanamkan kecintaan pada tanah air, kebanggaan pada almameter Undip, memahami nilai-nilai Pancasila dan nilai luhur Pangeran Diponegoro, serta membentuk karakter yang kuat dan berkualitas untuk menjadi lulusan yang unggul.

“Orientasi Diponegoro Muda atau ODM merupakan kegiatan resmi penyambutan bagi mahasiswa baru untuk mendidik dan menanamkan nilai-nilai ke-diponegoro-an, agar dapat menjadi mahasiswa yang tangguh, cerdas, dan adaptif. Tema ODM Tahun ini adalah Socio-Technology, dilatarbelakangi oleh perubahan zaman dan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Maka diharapkan Diponegoro Muda sebagai generasi penerus bangsa dapat secara cerdas dan bijak dalam memanfaatkan serta hidup bersama dengan teknologi. Sudah saatnya kita menyiapkan generasi yang cerdas, unggul sesuai dengan profil Undip yakni COMPLETE,  Communicative, Professional, Leader, Entrepreneur, Thinker and Educator agar dapat berguna bagi Undip dan Indonesia” tutur Ichwan Nugraha Budjang, selaku Ketua Panitia Orientasi Diponegoro Muda Tahun 2021.

Foto: Ichwan Nugraha Budjang (Ketua Panitia ODM UNDIP 2021)

“Pelaksanaan ODM 2021 dilaksanakan secara virtual melalui kanal Youtube ODM UNDIP, dikemas menarik dimulai dari Talkshow, Pagelaran Kesenian Mahakarya oleh mahasiswa Undip serta penampilan hiburan dari para Guest Star musisi tanah air. Kami berharap ODM tahun ini dapat menjadi kanal berkreasi bersama dan sebuah ceremonial yang sangat berkesan bagi mahasiswa baru sehingga Diponegoro Muda dapat mengambil pesan-pesan yang tersirat maupun yang tersurat dalam pelaksanaan ODM “ tuturnya.

“Selamat datang Diponegoro Muda Tahun 2021 di Kampus Perjuangan, perjalanan kalian baru saja dimulai. Akan banyak dinamika di dunia perkuliahan, tapi bukan berarti untuk takut lalu mundur, berproses dan terus belajar. Jadilah, generasi yang tangguh, cerdas, kreatif dan solutif. Mari bersama berikan sumbangsih nyata kepada Undip dan Indonesia!” pesannya. (Linda Humas)