Site icon Universitas Diponegoro

Ilham Fauzan (Ketua Dewan Racana Diponegoro UKM Pramuka UNDIP Gugus Depan 11.045): Peringatan Hari Pramuka ke-60, Pramuka Akan Terus Berbakti Hingga Akhir Hayat

“Harapan saya dalam Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 ini adalah Pramuka tetap melakukan tugasnya serta terus berbenah untuk menjawab tantangan di era digitalisasi dan pandemi agar Pramuka tetap eksis. Sesuai dengan tema tahun ini Berbakti Tanpa Henti, Pramuka harus terus berbakti dalam hal apapun yang kita bisa hingga akhir hayat. Karena sekali Pramuka tetap Pramuka” ungkap Ilham Fauzan, Ketua Dewan Racana Diponegoro – UKM Pramuka Universitas Diponegoro Gugus Depan 11.045.

Menurutnya Pramuka memiliki peran penting terhadap pemuda, baik itu dalam karakter ataupun keahlian. Hingga saat ini sangat banyak kegiatan yang dimiliki oleh Pramuka guna membentuk karakter anggota Pramuka maupun meningkatkan keahlian. Selain itu Pamuka berperan dalam kegiatan sosial, meskipun Pramuka bukan organisasi bantuan sosial namun sesuai dengan Satya dan Darma Pramuka. Pramuka tetap memberikan baktinya terhadap negeri.

“Saat mahasiswa baru, saya tertarik antara masuk Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Diponegoro atau lebih dikenal dengan KSR, karena ketika SMA saya ikut PMR atau Racana Diponegoro, namun karena saya saat itu dari jurusan Teknik Perkapalan dan Pramuka memiliki Satuan Karya yaitu tempat untuk mewadahi minat dan bakat serta saya suka berkemah akhirnya saya memutuskan untuk bergabung bersama Racana Diponegoro” ungkap mahasiswa  jurusan Teknik Perkapalan ini.

Ilham juga menyampaikan bahwa beroganisasi dan pendidikan merupakan dua hal yang sangat penting, keduanya harus dimiliki oleh generasi muda. Tidak hanya salah satu namun harus beriringan. Apabila pendidikan diibaratkan sebagai bahan, organisasi adalah alat. Untuk menjadi sebuah produk, diperlukan bahan dan alat. Beroganisasi dan pendidikan juga ibaratnya seperti kita melakukan investasi, tidak seperti investasi emas atau saham namun untuk investasi diri. Tetapi jangan sampai terlalu memberatkan ke salah satu sehingga lainnya terbengkalai.

“Mulailah dengan beroganisasi dan pendidikan dalam hal-hal yang sederhana asalkan itu bermanfaat. Kedua investasi tersebut akan kita panen dalam jangka panjang” pungkasnya. (Linda Humas)

Exit mobile version