Semarang, 16 Agustus 2021 – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB merupakan wahana untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Seperti tahun 2020, PKKMB tahun ini kembali dilaksanakan secara daring untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Dalam pelaksanaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru diharapkan menjadi sarana sosialisasi kebijakan merdeka belajar, dan penanaman lima program Gerakan Nasional Revolusi Mental, yaitu Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu.

Adapun tema yang diusung pada PKKMB FISIP Undip tahun ini ialah “Acceptance at Social Life in Embracing Humanity Values” dengan nilai-nilai yang ingin dijunjung yaitu kemanusiaan, adaptif, persatuan, kontributif, berpikir kritis dan berwawasan global. “Walaupun rangkaian acara yang dilaksanakan secara daring ini dengan kemampuan teknologi yang baik, kita bisa bertegur sapa dan juga tetap menjaga kualitas.” ucap Robetmi Jumpakita Pinem, S.AB, MBA selaku Ketua Panitia PKKMB dan Pendikar FISIP 2021 yang tetap optimis bahwa mahasiswa baru bisa meningkatkan kapasitas diri mereka di tengah era digital seperti saat ini.

Kegiatan PKKMB FISIP Undip dimulai pada tanggal 16 Agustus 2021 pukul 08.00 WIB, dengan diikuti oleh kurang lebih 950 mahasiswa dari jenjang S1,S2, dan S3. Acara diawali dengan pembukaan oleh MC dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, diteruskan oleh Dekan FISIP Undip dalam menyampaikan sambutan, pembukaan, serta pernyataan penerimaan secara resmi. Bapak Dekan pun turut mengenalkan Pejabat Struktural Fakultas, Departemen, dan Program Studi. “Silakan berselancar pada proses pembelajaran yang ada di Undip. Secepatnya segera beradaptasi, jadilah pembelajar yang lincah dan tangguh, songsong generasi unggul, mandiri, dan bertanggung jawab,” ujar Dr. Drs. Hardi Warsono, MTP. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, diakhir pemaparannya.

Setelah itu, Wakil Dekan II menyampaikan informasi perihal fasilitas kampus. Dalam kegiatan PPKMB ini, mahasiswa baru mendapatkan wawasan mengenai Sistem Pendidikan Tinggi yang dipaparkan oleh Wakil Dekan I, Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara yang dipaparkan oleh Dr. Drs. Muhammad Adnan, MA, Gerakan Nasional Revolusi Mental oleh Dr. Drs. Turnomo Raharjo, M.Si , Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Dr. Reni Shinta Dewi, S.Sos., M.Si. , PKM dan Presma oleh Robetmi Jumpakita Pinem, S.AB., MBA., serta perkenalan program studi oleh kaprodi masing-masing.

Salah satu hal yang ingin ditekankan dalam PKKMB FISIP Undip 2021 ini adalah FISIP Prestatif seperti yang dipaparkan oleh Robetmi Jumpakita Pinem, S.AB, MBA, selaku KetuaUnit Prestasi Mahasiswa FISIP Undip 2021 “Di tengah kondisi yang seperti saat ini harapannya tidak mengurangi mahasiswa untuk terus berkarya, aktif dalam mengikuti pelatihan, lomba nasional ataupun internasional, dan lain sebagainya. Kami dari tim Unit Prestasi Mahasiswa FISIP pun mengharapkan anak-anak yang kebingungan dalam mencari informasi ataupun tim bisa aktif bertanya pada kami. Semoga mahasiswa angkatan 2021 bisa lebih prestatif kedepannya”

Tidak hanya mengenalkan dan memberi pembekalan materi rangkaian acara dari PKKMB FISIP Undip 2021 pun juga disemarakkan dengan inovasi baru dari BEM FISIP Undip 2021 dengan menghadirkan filter instagram untuk mengabadikan momen pelaksanaan PKKMB FISIP Undip 2021. (Feyza Syifa&Neisya Rahma BEM Fisip)