Pelaksanaan pembukaan kegiatan Pendidikan Karakter (Pendikar) Universitas Diponogoro Tahun 2021 dibuka secara langsung oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. pada hari kamis (19/9). Dalam sambutanya Rektor  menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang berhasil menembus seleksi masuk Undip.

“Dari sisi keilmuan tentunya para mahasiswa telah teruji karena terpilih berdasarkan prestasi keilmuan dan tes-tes yang diikuti. Selanjutnya, yang akan didapat di Undip adalah pendidikan terbaik karena sudah terbukti selain secara institusi Undip masuk peringkat-peringkat dalam 10 besar nasional, lulusan Undip paling cepat mendapat pekerjaan” tuturnya.

“Undip adalah kampus religius, tidak hanya mendapatkan orang-orang yang pintar tetapi yang mempunyai karakter unggul. Nilai-nilai Pangeran Diponegoro, Jujur, Adil, Berani dan Peduli adalah karakter yang akan menjadi dasar dari segala tindakan, ucapan, maupun tulisan dari setiap mahasiswa Undip. Nilai-nilai inilah satu pengejawantahan dari sifat-sifat ketaqwaan dari mahasiswa-mahasiwa Undip. Jujur  dan Adil  tidak hanya ditujukan pada orang lain, tetapi utamanya pada diri sendiri, Berani artinya mempunyai sikap ketegasan dalam menentukan sikap dengan segala resiko, sedangkan peduli adalah sikap welas asih kepada sesama. Nilai-nilai itu akan menciptakan insan-insan yang memiliki karakter hebat diikuti dengan nilai-nilai COMPLETE yakni Communicator, Professional, Leader,  Entrepreneur dan Thinker” terang Rektor.

Pada akhir sambutannya, Rektor berpesan agar para mahasiswa tidak hanya melihat kegiatan ini sekedar ceremonial. Akan tetapi dapat diambil hikmahnya karena penuh dengan nilai-nilai luhur yang akan menjadi pemandu hidup selanjutnya, terutama setelah lulus sebagai sarjana-sarjana sesuai dengan bidangnya.

“Indonesia akan menjadi lebih baik karena dijamin di tangan oleh insan-insan Undip yang mempunyai nilai-nilai jujur, adil, berani dan peduli didukung dengan mempunyai nilai-nilai COMPLETE. Selamat mengikuti Pendikar dan semoga mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dari kegiatan ini” pungkasnya. (Linda Humas)