Universitas Diponegoro (Undip) pagi tadi kembali menggelar Apel Pagi. Kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan dan pegawai di lingkungan Undip ini digelar secara virtual melalui platform Zoom meeting pada Senin (23/08) pukul 08.00 WIB.

Bertindak sebagai Pembina Apel Pagi Virtual, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Pada kesempatan pagi ini, dalam pidatonya Prof Yos menyampaikan beberapa hal mengenai mitigasi bencana di lingkungan Universitas Diponegoro. “Salah satu upaya kita dalam bekerja secara profesional adalah persiapan kita dalam kaitannya menghadapi segala masalah kedaruratan”, jelas Prof Yos.

Dengan segala macam kemungkinan kondisi kedaruratan/bencana yang akan terjadi, perlu adanya tindakan dan sikap yang dapat mencegah atau mengatasi segala dampak yang mungkin dapat terjadi. “Salah satu sikap profesional kita adalah menjaga segala kemungkinan yang terjadi terhadap hal-hal demikian. Oleh karena itu ada Organisasi dan Tata Kerja (OTK) baru yang mengurus khusus kesehatan, keselamatan kerja, dan lingkungan”, jelas Prof Yos.

Selain itu, untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi jika ada masalah kedaruratan, perlu digelar pelatihan-pelatihan tentang penanganan kebencanaan. “Kita terkadang abai terhadap segala hal yang kemungkinan terjadi, sebagai contoh apakah kita selama ini telah melakukan latihan-latihan kebencanaan, baik itu kebakaran, gempa bumi, ataupun bencana-bencana yang lain. Mohon untuk melakukan latihan-latihan yang terprogram untuk menghadapi kebencanaan”, ungkap Prof Yos.

“Kita harus siap untuk melakukan hal itu semua, maka mohon kepada semua pimpinan unit untuk secara periodik melakukan pemeriksaan-pemeriksaan kepada peralatan-peralatan kesehatan dan keselamatan kerja yang ada dilingkungannya”, lanjutnya.

Harapannya dengan melakukan pelatihan dan pengecekan peralatan keselamatan kerja secara periodik, semua unit akan siap menghadapi kondisi kebencanaan tersebut dan dapat meminimalisir dampak negatif yang akan terjadi.

Lebih lanjut, Prof Yos memaparkan bahwa Undip selalu memprioritaskan tata kelola lingkungan yang baik. Terbukti bahwa Undip berhasil menduduki peringkat ke-2 terbaik nasional sebagai kampus berkelanjutan versi UI GreenMetric World University Rankings 2020. “Dalam masalah lingkungan juga, Alhamdulillah Undip sudah mencatatkan nomor 2 terbaik se-Indonesia dalam GreenMetric, oleh karena itu mohon dalam masalah lingkungan betul-betul dijaga, dilestarikan, dan dikembangkan”, pungkasnya. (Dhany-Humas)