Semarang, Jawa Tengah (23/08/21). Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Jawa Tengah, akan kembali meluluskan 3.101 mahasiswa pada tahun 2021. Pelaksanaan wisuda yang ke-163 akan digelar pada 25-26 Agustus 2021 secara daring dan disiarkan secara langsung (live streaming) melalui saluran youtube Undip TV.

“UNDIP telah membekali lulusannya dengan keterampilan dan keahlian sesuai bidang keilmuan yang ditekuni. Oleh karena itu, dengan rasa bangga UNDIP akan melepas ribuan mahasiswa di akhir Agustus 2021 mendatang”, ungkap Rektor UNDIP, Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum.

Prof Yos juga menambahkan akreditasi unggul (A) yang disandang UNDIP merupakan salah satu bentuk pengakuan masyarakat terhadap UNDIP untuk menghasilkan lulusan yang tangguh, adaptif, dan siap berkontribusi untuk negeri. Akreditasi ini juga juga bentuk nyata atas prestasi dan capaian kinerja UNDIP sebagai universitas terbesar dan kebanggaan masyarakat Jawa Tengah, dan satu dari universitas terbaik di Indonesia.

“Saat ini, UNDIP masuk dalam 3 besar universitas terbaik di Indonesia yang lulusannya cepat mendapatkan pekerjaan versi QS WUR Tahun 2020. Ini artinya lulusan UNDIP adalah lulusan yang benar-benar berkualitas dan siap kerja”, tambah Prof. Yos.

Untuk menciptakan lulusan yang siap kerja, metode pembelajaran online telah diselaraskan dengan model dan kondisi pandemi saat ini. Dalam proses belajar, mahasiswa diarahkan untuk menempuh pilihan pembinaan karir sebagai calon wirausahawan (job creator) yang dibina melalui Klinik Kewirausahaan dan Inkubasi Bisnis (KKIB) atau memilih sebagai calon pekerja profesional/job seeker yang dibina Undip Career Center (UCC). Kedua program tersebut terintegrasi dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sehingga menghasilkan lulusan yang siap mengambil peran aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal yang sangat penting di peradaban baru dan era digital, UNDIP juga membekali lulusannya dengan nilai lebih berupa kemampuan adaptif dengan situasi terkini. Kemampuan mengembangkan ide dan gagasan kreatif untuk mengatasi kelangkaan lowongan pekerjaan pada masa sekarang ini menjadi bekal penting yang ditanamkan kepada setiap lulusan UNDIP.

“Calon wisudawan diberikan wawasan dan keterampilan kerja mandiri, seluk beluk Internet of Things atau IoT, juga Artificial Intelligence (AI), serta keterampilan untuk bekerja secara online,” lanjut Prof. Yos.

Sementara itu, Kepala Sekretariat dan Protokoler UNDIP, Dr. Agus Suherman, S.Pi, M.Si, menjelasakan lulusan yang siap diwisuda pada 25-26 Agustus 2021 terdiri dari program Doktor (S3) sejumlah 26 orang, program Magister (S2) sebanyak 294 orang. Sedangkan, Program Spesialis (PPDS) berjumlah 49 orang, program Sarjana (S1) sebanyak 1.572 orang. Dari program Sarjana Terapan (D4) berjumlah 3 orang dan program Diploma III (D3) sebanyak 1.092 orang.