Site icon Universitas Diponegoro

BEM Fisip Undip Menginisiasi Acara Mangrove For Future

Semarang- Organisasi Mahasiswa FISIP Undip bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang dan PT Djarum Indonesia, melakukan kegiatan penanaman mangrove dalam acara Mangrove for Future yang diinisiasi oleh BEM FISIP Undip 2021.

Acara Mangrove for Future ini dilaksanakan pada 5 September 2021 pukul 08.00 WIB dengan melakukan penanam sebanyak 1000 benih mangrove. Penanaman 1000 benih mangrove ini dilakukan di daerah Tambak Rejo, Semarang Utara. Acara ini dilaksanakan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan partisipasi mahasiswa untuk berkontribusi langsung dalam pelestarian ekosistem hutan Mangrove

“Saya dan teman teman Bidang Pengabdian Masyarakat BEM FISIP Undip sangat berharap melalui pengalaman ini, para mahasiswa yang hadir mau berkomitmen lebih jauh lagi terhadap isu lingkungan dan berkontribusi tidak hanya berhenti di acara ini saja tetapi dapat berkelanjutan.” ujar Tassa Tantiana selaku ketua pelaksana Mangrove for Future.

Acara Mangrove for Future yang diinisiasi oleh BEM FISIP Undip 2021 mendapat dukungan positif dari Dinas Kelautan Wilayah Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah “Terima kasih atas kegiatan penanaman mangrove yang diselenggarakan BEM FISIP UNDIP 2021, telah ikut aktif dan peduli dalam kegiatan konservasi dan rehabilitasi wilayah pesisir Kota Semarang, khususnya Desa Tambakrejo. Kami berharap pada tahun akan yang datang akan lebih banyak mahasiswa UNDIP yang peduli dalam menjaga kelestarian lingkungan baik di darat ataupun laut,” ujar Pak Surya selaku Staff Bagian Konservasi yang turut hadir dalam acara Mangrove for Future.

Tak hanya Dinas Kelautan Wilayah Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah acara ini dihadiri juga oleh PT Djarum Indonesia yang turut mengapresiasi kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan “Teruslah berjuang dan berilah inspirasi kepada generasi muda untuk DarLing (sadar lingkungan) kita secara nyata.Mau di bawa kemana bumi kita ini kalau bukan kita yg merawat dan menjaganya,”ujar Pak Supohadi selaku perwakilan dari PT Djarum Indonesia.

Kesuksesan acara ini juga tidak lepas dari bantuan dari Kelompok Camar (cinta alam mangrove asri dan rimbun) Tambak Rejo, Semarang Utara. Pak Yayit selaku perwakilan dari Kelompok Camar mengatakan “Saya sangat mengapresiasi mahasiswa dari FISIP Undip yang telah ikut membantu dalam program penanaman mangrove ini. Saya berharap nantinya masyarakat luas juga dapat ikut serta menjaga kestabilan alam ini khususnya menjaga daerah pantai dari bencana abrasi dengan cara memperbanyak pohon mangrove di daerah pantai.”  (M Zainal/ Feyza Syifa)

Share this :
Exit mobile version