Divisi PSDM Himpunan Mahasiswa (HM) Sejarah Universitas Diponegoro menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Pra Dasar (LKMMPD) dan Historia Leadhership Training untuk meningkatkan soft skill mahasiswa Sejarah Undip Angkatan 2021 (11/9).

Mahasiswa merupakan generasi muda yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa. Dalam rangka menumbuhkan kesadaran diri mahasiswa diperlukan pembekalan unttuk turut berpartisipasi aktif dalam organisasi di tingkat kampus sejak masa perkuliahan. Tujuan dari kegiatan ini adalah menstimulus potensi kepemimpinan sebagai persiapan berkompetisi di era global dan menanamkan nilai-nilai kepemimpinan serta keteladanan pada mahasiswa agar lahir para pemimpin baru yang berkompeten. Hadir sebagai pengisi materi, Maulana Hanif Ghifari (Mahasiswa Sekolah Vokasi) dan Muhammad Abdullah Anas Al Masyhudi (Mahasiswa Teknik-PWK).

Maulana Hanaf menyampaikan bahwa berpikir kritis adalah pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya atau dilakukan. Kritis tidak hanya soal berani memberikan kritik, namun bagaimana bisa menanamkan sifat emansipatoris/mengembalikan kemerdekaan dan masa depan manusia. Dengan berfikir kritis, agar tidak mudah tertipu/terdoktrin, ajang intropeksi diri (self-criticism), berani berpendapat/memberi solusi, menemukan kebenaran logis, kreatif dan inovatif (out of the box).

Sementara dalam kesempatannya Muhammad Abdullah membawakan tema mengenai Strategic Management in Organization. Strategic Management in Organization merupakan serangkaian keputusan atau tindakan manajerial yang berulang dan berkelanjutan yang meliputi kegiatan formulasi, implementasi dan evaluasi strategis untuk jangka pendek maupun panjang dalam organisasi untuk mencapai tujuan. Langkah-langkah manajemen strategis adalah planning, proses penyusunan rencana sebagai dasar dan acuan dalam mencapai tujuan organisasi; organizing, Pengalokasian sumber daya dalam organisasi untuk mencapai tujuan, pembagian kerja, pengelompokan SDM dalam beberapa divisi, serta penyusunan jobdesk dan jobspec; actuating, Implementasi dari rencana yang sudah disusun di awal dalam bentuk aksi; dan controlling, Pengawasan dan Evaluasi untuk memastikan semua proses agar dapat berjalan sesuai rencana. (Linda Humas)