Universitas Diponegoro melakukan pengabdian kepada masarakat tentang workshop pembuatan video promosi cenderamata Senin (6/9) di Batang. Kegiatan ini merupakan upaya untuk membantu menggiatkan perekonomian masarakat sekaligus merupakan bentuk promosi tidak langsung mengenai pariwisata di Kabupaten Batang, Hal ini disampaikan oleh ketua pengabdian kepada masyarakat Agus Naryoso.

“Keberadaan video promosi cenderamata khas batang dapat membantu pariwisata di kabupaten Batang karena nantinya audiens akan menyangkutpautkan antara produk dengan tempat produksi, disini juga pelaku UMKM dituntut untuk bisa juga membuat video pariwisata yang ada di daerah batang, karena hal ini akan menjadi upaya yang saling menguntungkan. Pariwisata maju dan perekonomian masyarakat meningkat” ujarnya.

Salah satu pembicara dalam workshop ini Rintulebda A. Kaloka menekankan bahwa pembuatan video promosi dapat menggunakan berbagai platform media sosial seperti instagram, facebook, youtube dan tiktok.

“Untuk membuat video promosi yang perlu diperhatikan adalah konsep dari konten video tersebut, ada berbagai macam konsep yang dapat diterapkan apakah itu promosi langsung, inpirasional,informatif, hiburan,tutorial dan sebagainya. Konsep ini juga harus dibarengi dengan eksekusi yang maksimal sehingga dapat menimbulkan kesan di benak audiens” ujarnya.