SEMARANG — Tim mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (UNDIP) kembali menjadi yang terbaik dalam kejuaraan lomba debat hukum secara nasional. Kali ini tim yang terdiri dari Farid Alghaffar, Yonathan Ricardo dan Faisal berhasil menyabet juara 1 dalam gelaran Pancasila Debate Competition 2021 yang diselenggarakan UKM FH Universitas Pancasila Jakarta.

Pada kompetisi yang mengusung tema “Perkembangan dan Pembaharuan Hukum Nasional Selama Masa Pandemi Covid-19” tersebut, tiga mahasiswa hukum Undip ini menjadi yang terbaik dari 60 peserta yang tergabung dalam 20 tim yang berasal dari 18 universitas di Indonesia. Kegiatan Pancasila Debate Competition 2021 merupakan kegiatan nasional yang tahun ini dilaksanakan dari 14 Agustus 2021 hingga 5 September 2021.

“Alhamdulillah, yang pertama kami bersyukur bisa mengharumkan nama almamater kami Undip. Kami merasa sangat senang dan berharap ke depannya bisa membawa Fakultas Hukum Undip meraih juara lagi di event-event selanjutnya,” kata Farid Alghaffar mewakili rekan timnya kepada tim humas, Rabu (15/9/2021).

Menurut Farid, keikutsertaan ke kompetisi tersebut disiapkan dengan sungguh-sungguh. Banyak hal dilakukan, diantaranya dengan melakukan latihan, diskusi, serta sparing terkait mosi yang akan diperdebatkan dengan rekan-rekannya yang lain. “Kemudian sebelum mosi diumumkan, kami juga sudah berlatih dengan mosi-mosi umum yang sering diperdebatkan. Tujuannya untuk melatih logika dan juga pengucapan,” ujar Farid mewakili rekan-rekannya.

Ketiga mahasiswa FH Undip sebelunya juga sudah mengikuti beberapa kompetisi dan tampil sebagai pemenang. Yonathan Richardo sendiri pernah menjadi delegasi Fakultas Hukum Undip dalam Lomba Debat Konstitusi Piala Prof. Fuad Bafadhal 2021 yang dihelat Fakultas Hukum Universitas Jambi.

Sedangkan Farid Alghaffar sendiri sudah dua kali memenangkan kejuaraan, termasuk menjadi Best Speaker Debat Internal dalam Internal Law Competition Kelompok Riset dan Debat 2021 Fakultas Hukum Undip.  Begitu pula Faisal yang juga menorehkan banyak prestasi seperti dalam Debat Internal Diponegoro Law Fair 2019 FH Undip sebagai juara 3, Economic Competition 2018 Universitas Trisakti sebagai juara 2, dan penyandang juara 1 Olimpiade Sains Nasional Bidang Ekonomi tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2017 dan 2018.

Ketiga mahasiswa tersebut selain bersyukur, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pembimbing dan pendamping dari Undip yang sudah memberikan dukungan. Mereka menegaskan diraihnya prestasi tidak terlepas dari peran banyak pihak termasuk fakultas dan universitas yang sudah membentuk lingkungan akademik yang baik.

Farid berharap agar mahasiswa Fakultas Hukum Undip yang lain agar berani mencoba untuk meraih prestasi dalam kompetisi-kompetisi yang lain. Hal ini demi meningkatkan keinginan serta memenuhi rasa penasaran yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri. “Karena ketika kita memiliki keinginan dan usaha, hasil juga akan datang mengikuti.”

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Undip, Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H, M.Hum, mengaku bangga atas prestasi yang raih oleh para mahasiswa hukum Undip. “Saya sangat bangga, semoga dengan adanya prestasi ini dapat memicu Mahasiswa Fakultas Hukum Undip lainnya untuk meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional maupun internasional,” harap Prof Retno. (tim humas)