Program Studi Magister Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro menyelenggarakan “Pelatihan Kewirausahaan” bagi Mahasiswa Magister Ilmu Ternak melalui daring pada tanggal 15 September 2021. Program Pelatihan Kewirausahaan merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Ilmu Ternak dengan tujuan untuk melatih dan mengembangkan jiwa entrepreneurship dan sekaligus memberikan informasi peluang bisnis di bidang peternakan. Kegiatan kali ini mengangkat tema “Be a smart entrepreneur: how to build for a successful business” dan dibawakan oleh Suhardi, S.Pt., M.P., Ph.D. Selain sebagai staf pengajar dan peneliti di Universitas Mulawarman, pemateri juga merupakan Direktur CV. Sentra Sapi Kalimantan dan Komisaris CV. Lembu Lemu yang merupakan perusahaan penggemukan dan trading  sapi yang berkedudukan di Samarinda, Kalimantan Timur.

Pelatihan diikuti oleh semua mahasiswa aktif pada Program Studi Magister Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, dan dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Ir. Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetiyono, MS, M.Agr., IPU. Pada kegiatan tersebut, pemateri menyampaikan tips dan kiat-kiat memulai bisnis di bidang peternakan. Peluang dan jenis-jenis bisnis di bidang peternakan, model bisnis, proses pengembangan bisnis, dan kiat mengenali pelanggan dan kompetitor juga merupakan topik yang disampaikan oleh Dr. Suhardi pada kegiatan pelatihan tersebut. Sharing session dengan mahasiswa mengenai problematika dalam memulai dan mengembangkan bisnis di bidang peternakan juga dilakukan oleh Dr. Suhardi dalam kegiatan tersebut.

Dengan diadakannya Pelatihan Kewirausahaan ini, lulusan Magister Ilmu Ternak, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro diharapkan selain dapat menjadi peneliti, dosen atau birokrat, juga dapat menjadi pebisnis di bidang peternakan yang unggul.