“Di masa pandemi ini, UKM Softball – Baseball melakukan kegiatan kelas online sebagai sarana untuk tetap menjaga hubungan antar anggota dengan harapan saat pertemuan tatap muka dilaksanakan, anggota-anggota UKM Softball-Baseball Universitas Diponegoro sudah mengerti dasar-dasar olahraga softball, dan juga mengenal satu sama lain anggota baik senior maupun rekan seangkatannya. Selain itu, kami juga mengadakan kegiatan latihan yang dikoordinasi anggota senior di daerah-daerah luar Semarang dengan difasilitasi peralatan yang dikirimkan dari inventaris UKM dan dalam pelaksanaannya tetap melaksanakan protokol Kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan pihak kampus. Hal ini bertujuan supaya anggota-anggota UKM Softball – Baseball juga bisa tetap mengikuti latihan di masa pandemi tanpa harus datang ke Semarang. Kami juga memberikan program-program latihan fisik yang dapat dilakukan di rumah masing-masing untuk menjaga kondisi fisik anggota-anggota di tengah pandemi” tutur Akbar Adi Wijaya, Ketua UKM Softball Universitas Diponegoro.

“Sejak kecil saya suka menonton pertandingan baseball dan acara TV yang berkaitan dengan baseball. Saat saya masuk Universitas Diponegoro dan saya mengetahui bahwa ada UKM Softball – Baseball, saya langsung bergabung dengan UKM bahkan sejak pertemuan pertama di minggu pertama dimulai perkuliahan. Setelah bergabung, saya disambut oleh senior-senior yang ramah dan dibantu berkembang baik secara teknis olahraga softball maupun secara organisasi, itulah mengapa saya betah di UKM ini” lanjut mahasiswa S1 Teknik Perkapalan Angkatan 2016.

Turnamen-turnamen yang pernah diikut UKM Softball – Baseball Undip antara lain Juara 3 Nasional Telkom University Softball Cup 2016, Juara 2 Nasional UGM Softball Cup 2018, Juara 1 & 3 Kejuaraan Softball Putra Kota Semarang 2018, Juara 1 Kejuaraan Softball Putri Kota Semarang 2018, Juara 3 Liga Mahasiswa Softball Putri 2018, Juara 1 & 2 Kejuaraan Softball Putra Kota Semarang 2019 dan Juara 1 & 2 Kejuaraan Softball Putra Kota Semarang 2020

“Di tengah pandemi COVID-19 yang melanda dunia saat ini, kondisi fisik yang prima dibutuhkan untuk tetap sehat dan melakukan kegiatan sehari-hari terutama perkuliahan, salah satu sarana menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh adalah dengan olahraga yang rutin. UKM Softball – Baseball Universitas Diponegoro menyadari bahwa di masa pandemi seperti ini dimana seluruh kegiatan akademik dilakukan secara online, selain tetap melaksanakan tugasnya sebagai mahasiswa yaitu belajar dan mengembangkan diri dalam bidang yang ditekuninya, mahasiswa juga harus menjaga kesehatan tubuh dengan cara olahraga yang rutin dan juga konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, karena semuanya dimulai dari diri sendiri, selalu ingat pepatah latin Mens sana in corpore sano yang berarti di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Maka dari itu, marilah kita menjaga kesehatan diri kita masing-masing dimulai dengan mulai berolahraga secara rutin sebagai awal dari pola hidup yang sehat” pungkasnya. (Linda Humas)

\