Site icon Universitas Diponegoro

QS WUR Graduate Employability Rankings 2022: UNDIP Berhasil Menduduki Posisi Pertama di Indonesia

Universitas Diponegoro (UNDIP) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan di kancah Nasional dan Internasional. Berdasarkan hasil pemeringkatan terbaru yang dirilis oleh lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS), Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil menduduki posisi ke-1 di Indonesia dan posisi ke 251-300 di Dunia dalam kategori Graduate Employability Rankings 2022.

Dalam kategori ini menunjukkan bahwa kecepatan dan ketepatan lulusan sebuah Perguruan Tinggi dalam mendapatkan pekerjaan, sehingga dapat diartikan bahwa lulusan Undip dapat dengan cepat dan tepat mendapatkan pekerjaannya.

Dilansir dari laman https://www.topuniversities.com/employability-rankings/methodology, Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022 menggunakan 5 indikator kinerja untuk melakukan perhitungan pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia. Indikator tersebut yaitu: Employer Reputation (30%), Alumni Outcomes (25%), Employer-Student Connections (10%), Partnerships with Employers (25%), dan Graduate Employment Rate (10%).

Berdasarkan data hasil perhitungan Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022, Universitas Diponegoro memperoleh poin dari masing-masing indikator yaitu: Employer Reputation (14.4), Alumni Outcomes (12.0), Employer-Student Connections (84.2), Partnerships with Employers (6.4), dan Graduate Employment Rate (96.5).

Dengan penilaian yang sangat ketat ini membuat hanya 8 Perguruan Tinggi saja di Indonesia yang mampu masuk dalam pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022. Perguruan Tinggi tersebut didominasi oleh Perguruan Tinggi Negeri. Urutan peringkatnya ialah Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Brawijaya.

Sedangkan untuk tingkat Dunia, berdasarkan hasil pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022, menempatkan Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada posisi pertama. Perguruan Tinggi yang terletak di Kota Cambridge ini mencatatkan total skor sempurna yaitu 100 poin. Menempel Perguruan Tinggi pada urutan kedua yaitu Stanford University dengan total skor sebesar 99.3 poin. Sedangkan urutan ketiga berhasil diamankan oleh University of California, Los Angeles (UCLA) dengan total skor sebanyak 99.1 poin.

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh keluarga besar Undip atas capaian tersebut dan dalam mendukung kemajuan Undip menuju universitas berkelas dunia (World Class University). “Hal ini merupakan cerminan dari kualitas lulusan Undip yang semakin baik, mudah terserap di lapangan kerja, serta berdaya saing global”, ucap Prof Yos dalam wawancara pada Kamis (23/9/2021).

Hasil pemeringkatan ini telah menjadi tolak ukur yang dipakai oleh calon mahasiswa baru dan keluarganya dalam menentukan Perguruan Tinggi. Serta digunakan oleh Perguruan Tinggi itu sendiri untuk menentukan arah kebijakan selanjutnya untuk terus meningkatkan kualitas lulusannya.

Share this :
Exit mobile version