SEMARANG – Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP) mengundang pakar kepemimpinan dari Australia, Prof Sen Sendjaya Ph.D untuk membagikan ilmunya di acara bertajuk “Academic Career Strategies: Evidence-Based Practices & Personal Experiences Webinar”.  Selain Prof Sendjaya, Dekan Fakultas Psikologi Undip Prof Dian Ratna Sawitri juga akan menjadi pembicara pada acara yang akan digelar pada Jumat, 8 Oktober 2021 mendatang.

Prof Sen Sendjaya dihadirkan karena kompetensi dan reputasinya dalam pelatihan kepemimpinan. Yang bersangkutan adalah Guru Besar Leadership di Swinburne University of Technology, Australia yang bukan saja sudah menghasilkan banyak buku kepemimpinan, namun juga terlibat dalam pelatihan pemimpin puncak di perusahaan, pemerintahan, universitas, sekolah, dan gereja. Kegiatan Sen Sendjaya bukan hanya di Australia, namun juga dilakukan Amerika Serikat, China, dan bahkan Indonesia.

Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof. Dian Ratna Sawitri S.Psi., M.Si., Ph.D, mengatakan webinar yang menghadirkan Prof Sen Sendjaya itu sebagai rangkaian dari Leadership and Career Development Webinar Series yang menjadi kegiatan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro bersama Center for Career and Capacity Development Studies (CAREERS). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka The 2nd Visiting World Class Professor Program, World Class University (WCU) UNDIP 2021.

“Dalam bidang kepemimpinan, Prof Sen Sendjaya menarik untuk diikuti. Kualitas pengajarannya telah mendapat banyak penghargaan. Yang terakhir dari terakhir adalah Australian and New Zealand Academy of Management Best Educator Award 2017,” kata Prof Dian R Sawitri, saat dihubungi pada Selasa (28/9/2021).

Menurut Sawitri, selain untuk meningkatkan wawasan civitas academica, program ini juga dimaksudkan untuk mendukung implementasi SDGs nomor 4 (Quality Education) dan 17 (Partnership for the Goals). Dia menyatakan, masyarakat umum juga bisa mengikuti acara yang akan dimoderatori oleh Wakil Dekan Psikologi Undip, Dr. Novi Qonitatin, S.Psi., M.A.

Perlu diketahui, Fakultas Psikologi Undip memiliki lembaga yang patut dibanggakan, Pusat Riset Center for Career and Capacity Development Studies (CAREERS). Keberadaan CAREERS dimaksudkan sebagai pusat studi yang unggul dalam melakukan riset yang berkualitas dalam bidang karir dan pengembangan kapasitas individu dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa dan kualitas hidup masyarakat yang berkelanjutan.

CAREERS sudah  melakukan banyak kegiatan penelitian dan juga webinar dengan menghadirkan sejumlah pakar yang berkompeten di bidangnya.  Beberapa riset unggulan terus dikembangkan, dan didorong menelorkan publikasi ilmiah yang berkualitas dan berdaya guna bagi masyarakat. “Kami berharap CAREERS bisa menjadi salah satu wadah untuk mencetak peneliti yang unggul,” tukas Sawitri. (tim humas)