Site icon Universitas Diponegoro

LPPM UNDIP Dukung Pengembangan Wisata Desa Montongsari Kendal

SEMARANG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Diponegoro (UNDIP) mendukung pengembangan wisata di Desa Binaan Montongsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Pengembangan wisata yang langsung ditanggani anggota TIM LPPM Undip bersama Pemerintah Desa (Pemdes) serta warga setempat ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

“Pengembangan kegiatan Wisata di Desa Montongsari diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat,” kata anggota Tim LPPM Undip, Dr. Sunarti, ST, MT dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Tim LPPM Undip bersama Pemdes, di Aula Balai Desa Montongsari Weleri, Selasa (28/9/2021)

Lebih lanjut, Dr. Sunarti menambahkan peran warga Desa Montongsari sangat penting sebagai pelaksanaan utama dalam proses pengembangan kawasan wisata. Sedangkan salah satu bentuk pengabdian Undip kepada masyarakat yakni, program ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) bagi Desa Binaan Undip (IDBU) dalam mewujudkan peran Undip secara nyata pada pembangunan masyarakat Desa.

Menurutnya, urgensi IDBU ini penting karena banyaknya potensi desa yang belum diberdayakan secara optimal, akibat kurang adanya link and match antara hasil riset dengan aspirasi masyarakat. Sehingga tim LPPM Undip sebagai Perguruan Tinggi ikut berperan melalui Tridharma yaitu, menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Salah satu narasumber Saeful Anshori menceritakan pengalamannya sebagai Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Kandri Kecamatan Gunungpati, Semarang, tentang bagaimana strategi mengembangkan Potensi Sumber Daya yang di miliki Desa hingga dapat menjadi kawasan Desa Wisata. “Kuncinya yaitu bagaimana strategi mengembangkan Potensi Sumber Daya yang di miliki Desa Montongsari ini. Apa objek yang akan kita jual (pasarkan), lalu bagaimana mengembangkan objek tersebut dan bagaimana strategi pemasarannya. Serta didukung dengan pengembangan SDM warga di Desa ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Montongsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal, Sunaryo, mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih karena desa yang dipimpinnya menjadi Desa Binaan dari LPPM Undip dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan kegiatan wisata.

“Dengan adanya dukungan ini, kami akan berdayakan Karangtaruna, PKK, Bumdes, Lembaga Desa serta secepatnya membentuk Pokdarwis. Hal ini mendukung desa kami mempunyai berbagai produk kuliner yang bisa dikembangkan sebagai Ekowisata. Desa Kami juga memiliki lahan yang bisa dikembangkan sebagai kawasan wisata dengan aliran Sungai Damar dan Jembatan Welas Asih dengan panorama cukup eksotik untuk spot foto yang instagramable,” paparnya. (tim humas)

Exit mobile version