Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil mengukir prestasi dibidang olahraga dalam ajang UGM Tae Kwon Do Championship (UGMTC) 2021. Dalam kejuaraan Tae Kwon Do tingkat Nasional itu, Undip yang diwakili oleh Tim Tae Kwon Do Undip berhasil meraih 4 medali Emas, 1 medali Perak, dan 2 medali Perunggu.

Keempat medali emas yang diraih Tim Tae Kwon Do Undip dalam kejuaraan kali ini dipersembahkan oleh taekwondoin Muhammad Hafizh Fachrur Rhozy (Poomsae Individual Senior Putra Prestasi), Ananda Vania Arisa Putri (Poomsae Individual Senior Putri Prestasi), Alfian Nur Setiawan-Ursula Taniesha Lula Chandra Winarko (Poomsae Pair Senior Prestasi), Ananda Vania Arisa Putri-Medias Fadjri Avidayanto-Ursula Taniesha Lula Chandra Winarko (Poomsae Team Senior Putri Prestasi).

Sedangkan peraih 1 medali perak disumbangkan oleh taekwondoin Dyva Santya Apriandra (Speed Kicking Senior Putri), dan peraih 2 medali Perunggu diraih oleh taekwondoin Ahmad Atsqal Asqalani (Poomsae Individual Senior Putra Prestasi), dan Barzani Kemal Dharma Brata (Speed Kicking Senior Putra).

Ketua UKM Tae Kwon Do Undip, Kowam menyebutkan bahwa Tim Tae Kwon Do Undip mengirimkan 8 atlet yang berasal dari berbagai Fakultas di Undip yang tergabung dalam UKM Tae Kwon Do Undip. “Kita sendiri mengikuti UGMTC 2021 sedikit dalam persiapan karena kita dapat undangan kurang lebih sebulan sebelum adanya pertandingan dan dengan minimnya para atlet. Sehingga kita tidak mengirimkan secara maksimal”, ungkap Kowam saat diwawancarai tim Humas mengenai persiapan UGMTC 2021, Kamis (30/09).

Dengan minimnya persiapan mengikuti UGMTC 2021, namun tetap membuat para atlet bersemangat mengikuti kompetisi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan medali Emas terbanyak dalam kategori Prestasi.

“Jujur pertama kali tim UKM Tae Kwon Do Undip ikut kejuaraan UGMTC 2021 tidak berharap lebih ke kejuaraan tersebut karena dengan minimnya latihan dan persiapan. Akan tetapi setelah hari H kejuaraan, kita (tim UKM Tae Kwon Do Undip) bersyukur banget karena kita menyumbang perolehan emas terbanyak di dalam kategori prestasi”, jelas Kowam.

Secara umum, UGM Tae Kwon Do Championship (UGMTC) 2021 dilaksanakan secara daring melalui live streaming di kanal Youtube Tae Kwon Do UGM pada tanggal 25 sampai dengan 26 September 2021 pukul 10.00 WIB. Kompetisi Tae Kwon Do tingkat Nasional ini mengusung tema “Spread the Energy and Reach the Victory During Pandemic”. Kompetisi ini pun telah mendapat dukungan dari Pengurus Besar Tae Kwon Do Indonesia (PB TI), KONI DIY, Pengda TI DIY, dan Ditmawa UGM.

Kompetisi yang diikuti oleh 68 tim dengan jumlah peserta 388 atlet ini merupakan kompetisi Tae Kwon Do online terbesar yang dilaksanakan oleh UKM Tae Kwon Do Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. UGMTC 2021 memperlombakan berbagai kelas, diantaranya kelas Poomsae Prestasi, Poomsae Festival, dan Speed Kicking.

Atlet-atlet Tae Kwon Do Undip berhasil membuktikan bahwa dalam situasi pandemi seperti saat ini, bukan menjadi alasan untuk berhenti berjuang, berhenti produktif, atau bahkan berhenti melakukan kegiatan positif. Namun melalui kompetisi ini, atlet-atlet Tae Kwon Do Undip telah menyebarkan energi yang positif dan telah meraih kemenangan di masa pandemi.

Lebih lanjut, selain kompetisi UGMTC 2021, para atlet Tae Kwon Do Undip juga disiapkan untuk mengikuti kejuaraan UPGRIS CUP. “Untuk rencana kedepan kita mau mengikuti kejuaraan UPGRIS CUP yang di adakan di semarang sendiri”, ucap Kowam.