SEMARANG- Perasaan bangga masih dirasakan oleh Farhanum Milatin Nisa’ (23) tahun, usai dinobatkan menjadi Juara I dalam lomba Esai Law Student Entrepreneurship Competition yang diselenggarakan Fakultas Hukum (FH) Universitas Indonesia (UI) tahun 2021.

Mahasiswi FH Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini berhasil menjadi yang terbaik pada lomba pembuatan esai tema “Digitalisasi Koperasi Melalui E-Koperasi Berbasis Multi Factor Authentication (MFA) Guna Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Dalam kontestasi tersebut, Milatin berhasil menyisihkan peserta yang mewakili 19 perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia.

“Saya merasa sangat bangga atas prestasi ini, sebab sebelumnya di beberapa kesempatan atau perlombaan yang lain saya belum menjadi yang terbaik. Sehingga ini menjadi bukti keseriusan saya dalam berkompetisi. Prestasi ini saya persembahkan kepada Fakultas Hukum Undip dan orang tua saya khususnya ayah saya,” kata perempuan kelahiran Kediri, 16 Maret 1999 kepada tim humas Undip, Kamis (21/10/2021).

Law Student Entrepreneurship Competition FH UI merupakan perlombaan yang diselenggarakan oleh KOPMA (Koperasi Mahasiswa) Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan cabang perlombaan esai dan juga infografis. Kegiatan tersebut digelar mulai 15 September 2021 sampai 2 Oktober 2021. Adapun tema yang diangkat dalam perlombaan ini adalah “Eksistensi Koperasi di Masa Kontemporer”.

Ketika disinggung persiapannya sebelum mengikuti lomba, Milatin sapaan akrabnya menceritakan, sudah memperbanyak melakukan riset di lapangan tentang Law Student Entrepreneurship. Selain itu juga mencari refrensi buku-buku tentang hukum berwirausaha dan koperasi di masa kontemporer.

Perempuan yang juga pernah mendapatkan Juara 1 Esai Pekan Raya Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2019 mengaku selain bersyukur, juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pembimbing dan pendamping dari Undip yang sudah memberikan dukungan. Mereka menegaskan diraihnya prestasi tidak terlepas dari peran banyak pihak termasuk fakultas dan universitas yang sudah membentuk lingkungan akademik yang baik.

Dirinya berharap agar para mahasiswa Fakultas Hukum Undip yang lain berani mencoba untuk meraih prestasi dalam kompetisi-kompetisi yang lain. Hal ini demi meningkatkan dan mengasah kemampuan diri belajar di kampus. Menurutnya, dalam berkompetisi juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri.

“Tetap semangat untuk mengikuti perlombaan, karena dengan mengikuti perlombaan wawasan mengenai hukum akan semakin luas. Tidak kalah penting tetap fokus saat penyusunan esai dan jangan lupa banyak berdoa,” tambah mahasiswi yang pernah mendapatkan Juara 2 International Writing Competition KSHI FH Undip 2018.

Dia juga menyampaikan, selain mendapat dukungan dari para dosen, ia berharap kampus juga dapat meningkatkan fasilitas-fasilitas khususnya kepada mahasiswa yang sedang mengikuti perlombaan seperti ruangan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan saat presentasi. “Sebab, dengan adanya dukungan fasilitas dan dosen, mahasiswa dapat menambah kepercayaan diri saat mengikuti lomba,” jelas mahasiswi yang pernah meraih Juara 2 LKTI MTQ Undip 2019.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Undip, Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H, M.Hum, mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh para mahasiswa hukum Undip. “Saya sangat bangga, semoga dengan adanya prestasi ini dapat memicu Mahasiswa Fakultas Hukum Undip lainnya untuk meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional maupun internasional,” harap Prof Retno. (tim humas)