UNDIP atau Universitas Diponegoro memiliki beberapa Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang tersebar di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Pekalongan, dan Rembang. Ada 2 program studi yang saat ini berada di Undip kampus Batang yaitu program studi D3 Administrasi Pajak dan D3 Hubungan Masyarakat. Sebagai wujud komitmen UNDIP terhadap kontribusi pembangunan manusia di Kabupaten Batang, diselenggarakan pertemuan-pertemuan rutin membahas capaian kinerja dan fokus rencana kerja di masa mendatang. Dengan penyerapan aspirasi para pemangku kepentingan, diharapkan pembangunan PSDKU UNDIP di berbagai daerah dapat dipercepat dan lebih sesuai dengan kebutuhan daerah.

PSDKU UNDIP dan Pemerintah Kabupaten Batang menyelenggarakan pertemuan untuk berkoordinasi mengenai capaian dan hasil pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi, Kamis 21 Oktober 2021. Rapat yang diselenggarakan di kantor pemerintah Batang ini dihadiri oleh Bupati Batang Dr. H. Wihaji, S.Ag., M.Pd., Ketua Lembaga Pengelola PSDKU UNDIP Dr. Redyanto Noor, M.Hum., serta beberapa dosen PSDKU UNDIP.

Pertemuan UNDIP dan Bupati Batang ini diisi dengan presentasi capaian Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan selama 2 hingga 3 tahun ini oleh para dosen dan tendik PSDKU UNDIP. Wihaji mengapresiasi capaian kinerja PSDKU UNDIP di Batang. Selain itu, ia juga menyampaikan dukungannya ke beberapa aspek rencana kerja kedepan. Beberapa diantaranya adalah pemerintah kabupaten Batang akan mendukung pelaksanaan beasiswa bagi mahasiswa PSDKU Batang, pendataan kebutuhan setiap kecamatan di Kabupaten Batang, pembangunan rusunawa PSDKU UNDIP Batang, penambahan prodi, serta dukungan pada acara-acara yang memperkenalkan PSDKU UNDIP Batang ke siswa-siswa SMA di Batang.

Usai acara beberapa program studi di PSDKU Batang segera merespon hasil pertemuan tersebut salah satunya adalah Prodi D3 Administrasi Pajak K. Batang. Dosen pembina kemahasiswaan Ropinov Saputro, S.E., M.M. segera berkoordinasi dengan Himpunan Mahasiswa Prodi agar mereka dapat berkolaborasi bersama dosen guna menyongsong usulan Bupati Batang, utamanya perihal pendataan kebutuhan kecamatan se-Batang dan acara pengenalan PSDKU UNDIP Batang ke siswa-siswa SMA Batang. Ropinov mengatakan tugas pendataan kebutuhan kecamatan se-Batang bukanlah tugas yang sulit untuk dilakukan.

Ropinov Saputro, S.E., M.M. selaku pembina kemahasiswaan mengatakan beberapa pengurus himpunan mahasiswa telah memiliki pengalaman pendataan penduduk dengan menjadi mitra Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020. Begitu pula mengenai pengenalan PSDKU UNDIP ke siswa SMA Batang, yang menurutnya dapat dilaksanakan melalui seminar-seminar maupun webinar sesuai kebutuhan para siswa. Di dalam sebuah seminar, selain materi yang dibawakan oleh narasumber tentu terdapat informasi pengenalan kampus/prodi beserta capaian prestasi prodi/kemahasiswaan yang pernah diraih. Ropinov menyatakan bahwa Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Administrasi Pajak K. Batang sudah terbiasa melaksanakan seminar/webinar bahkan dengan menggandeng beberapa sponsor eksternal dan influencer daerah. Mereka juga sudah terbiasa mempublikasikan setiap kegiatan di berbagai media guna membangun citra prodi di mata masyarakat, dimana ini sangat mempengaruhi keputusan positif masyarakat/calon mahasiswa ketika memilih program studi D3 Administrasi Pajak Kampus Batang.