Semarang, Jawa Tengah (27/10). Sebanyak 37 Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang telah mempersiapkan diri untuk berkompetisi di ajang final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021.

Undip secara khusus menggelar berbagai kegiatan training centre dan program pendampingan kontingen PKM Undip untuk mempersiapkan kesempurnaan artikel, poster, dan video agar mampu meraih berbagai kategori medali dan masuk sebagai nominasi Juara Umum.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., secara langsung memberikan semangat dan motivasi kepada kontingen Undip agar dapat tampil dengan baik. “Tunjukkan pada juri bahwa anda benar-benar menguasai materi”, ucap Prof. Yos, sapaan akrab Rektor Undip dalam pengarahan pada Rabu (13/10).

Selain itu, menurut Prof. Yos pengemasan materi dan penjelasan materi penelitian juga penting untuk diperhatikan. Karena akan mempengaruhi penilaian dari dewan juri

“Bagaimana anda mengemasnya dari apa yang anda tunjukkan, dan mudah dicerna. Jangan memberikan penjelasan yang sulit, makanya pemilihan bahasa harus tepat. Pada saat tertentu, anda boleh menggunakan bahasa asing, tapi jangan berlebihan. Makanya penampilan itu penting, mudah dicerna, dan disederhanakan”, jelasnya.

Prof. Yos berharap, selain menjadi juara umum pada PIMNAS ke-34, kontingen PKM Undip  juga perlu memupuk jiwa sportifitas dalam berkompetisi.

“Lebih baik kita tidak pakai mahkota daripada pakai mahkota yang palsu. Maka oleh karena itu, saya harapkan juga anda nanti memenangkannya dengan ksatria. Memenangkan dengan kejujuran. Karena sebetulnya mahkota tertinggi dari kita adalah prestasi dengan sportifitasnya”, tambah Prof. Yos.

Prof. Yos juga memberikan semangat kepada kontingen PKM Universitas Diponegoro. “Jadi kalau ditanamkan disini bahwa saya akan menjadi juara, Insyaallah juara. Makanya menurut saya yang anda lakukan bangkitkan semangat dalam diri anda, pompa diri anda sendiri. Jangan bimbang, jangan ragu, dan jangan minder. Tunjukan bahwa kita berasal dari universitas terhebat”, ucap Prof. Yos.

Dalam laporannya, Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro, Prof. Budi Setiyono, S.Sos, M.Pol.Admin, PhD., menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan diikuti oleh 37 tim PKM yang lolos ke PIMNAS ke-34. Dari 37 tim tersebut ada 152 mahasiswa yang berasal dari 10 Fakultas.

Prof. Budi menambahkan jumlah tim yang lolos PIMNAS merupakan yang terbesar sejak 10 tahun terakhir. “Jumlah tim yang terlibat didalam PIMNAS kali ini merupakan jumlah tim PKM terbesar yang lolos PIMNAS sejak 10 tahun terakhir”, jelasnya. Nantinya terdapat 28 Dosen yang mendampingi kontingen PKM Universitas Diponegoro yang berasal dari 10 Fakultas yang berbeda.

“Dan kita berharap mudah-mudahan mereka bisa berjuang secara maksimal sehingga mendapatkan tempat yang terbaik dan masing-masing tim mendapatkan medali emas”, ucap Prof. Budi.

Adapun rincian asal Fakultas tim PKM Universitas Diponegoro, antara lain Fakultas Teknik 17 tim, Fakultas Sains dan Matematika 4 tim, Fakultas Ekonomika dan Bisnis 4 tim, Fakultas Kedokteran 3 tim, Fakultas Peternakan dan Pertanian 3 tim, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 2 tim, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1 tim, Fakultas Kesehatan Masyarakat 1 tim, Fakultas Psikologi 1 tim, dan Fakultas Ilmu Budaya 1 tim.

Sedangkan untuk sebaran tim PKM Universitas Diponegoro yang lolos PIMNAS ke-34 berdasarkan jenis bidang dan kategori gagasan PKM adalah PKM Riset Sosial Humaniora 5 judul, PKM Riset Eksakta 12 judul, PKM Penerapan Iptek 1 judul, PKM Pengabdian Masyarakat 9 judul, PKM Karsa Cipta 2 judul, PKM Kewirausahaan 7 judul, dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif 1 judul.

Secara nasional, terdapat 735 judul PKM yang lolos untuk berkompetisi di tingkat Nasional pada ajang PIMNAS ke-34. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) akan menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 yang bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai tuan rumah PIMNAS ke-34. PIMNAS kali ini akan diselenggarakan secara daring pada tanggal 25-29 Oktober 2021 menggunakan platform Zoom meeting dan dipublikasikan melalui live streaming di kanal Youtube USU Official Social Network.