Mahasiswa merupakan insan intelektual bangsa dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ada (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian), harapannya mampu menjawab akan tantangan dan kebutuhan masa depan. Kemampuan beradaptasi merupakan sebuah tuntutan di era milenial agar dapat mengikuti tren perkembangan zaman khususnya para mahasiswa. Tentunya untuk mendapatkan regenerasi pemimpin yang baik harus melalui pelatihan yang mencakup aspek dan poin penting dari kebutuhan generasi tersebut. Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa hadir sebagai jawaban akan peningkatan keterampilan manajerial mahasiswa.

Untuk mencetak generasi perubahan atau agent of change Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan Latihan Keterampilan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) tahun 2021. Kegiatan berlangsung selama  3 hari, pada tanggal 1 sampai dengan 3 November 2021. Peserta sebanyak 40 orang mahasiswa yang berasal dari 11 Fakultas dan 1 Sekolah Vokasi, serta telah tersertifikasi LKMM Dasar di Universitas Diponegoro dan telah lolos tahap rangkaian seleksi.

Tujuan diadakannya kegiatan LKMM-TM ini diantaranya adalah agar mahasiswa memiliki wawasan tentang kondisi lingkungan yang dianalisis sehingga dapat diungkapkan tantangan pengembangan lingkungan dan kebutuhan adanya suatu organisasi untuk mewujudkan tantangan tersebut; mampu menjabarkan visi, misi, dan nilai dari lembaga yang dirancangnya dalam program-program kerja yang mempunyai sasaran yang realistik sesuai dengan kondisi “Here and Now; dan mampu mengimplementasikan keputusan yang telah diambil mampu mengkoordinasi kerja kelompok untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Pada hari pertama, hadir sebagai  narasumber Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjendikti, Kemendikbudristek) yang membawakan materi mengenai ”Kebijkan Bidang Kemahasiswaan”. Dalam materinya ia menyampaikan LKMM merupakan program atau kegiatan yang dirancang untuk bekal pengetahuan dan keterampilan manajerial organisasi bagi mahasiswa khususnya yang aktif berorganisasi serta membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengkoordinasi serta membina tim kerja dalam suatu kelembagaan. Dan diharapkan menjadi pemimpin yang berwibawa serta mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan harapan masyrakat di masa mendatang. (Lin-Humas)