Semarang – Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro, pada Rabu dan Kamis, 3-4 November 2021, menjadi tuan rumah pada acara 2nd International Conference on Chemmical Engineering and Applied Sciences (ICChEAS 2021). Bertempat di Teknologi Rekayasa Kimia Industri, kegiatan ini dilaksanakan setelah kegiatan pertamanya dilakukan di Universiti Teknologi MARA (UiTM), Shah Alam, Malaysia pada tahun 2017. ICChEAS menjadi salah satu forum global yang paling maju dan komprehensif untuk menyebarluaskan hasil dan data dalam penelitian, pengembangan, aplikasi di bidang teknik kimia dan aplikasi sains. 2nd ICChEAS 2021 mengangkat tema “Designing Tomorrow: Towards Sustainable Engineering and Technology”, kegiatan ini dihadiri oleh 4 negara besar, yaitu Indonesia, Malaysia, Jepang dan Firlandia.  Forum bergengsi ini menghadirkan keynote speaker yang luar biasa, yaitu ada Prof. Hidefumi Yoshii dari Setsunan Univ. Jepang, Prof. Abrar Muslim dari Syiah Kuala Universitas Indonesia, Assoc. Prof Jaka Sunarso dari Swinburne Universitas Teknologi, Malaysia dan Assoc. Prof Tony Hadibarata dari Curtin University, Malaysia. Melalui forum ini, para peneliti dari 4 negara besar tersebut saling berdiskusi, sharing mengenai temuan-temuan mereka, menjalin kerja sama dan bersilaturahmi untuk menghasilkan temuan baru yang berguna bagi kemajuan riset dan teknologi di era global ini.

Selain menghadirkan keynote speaker yang luar biasa, kegiatan ICChEAS 2021 juga menghadirkan invited speaker yang ahli di bidangnya. Invited speaker yang tak kalah luar biasanya diantaranya adalah Nanang Masruchin, Ph.D. dari Biomaterials Research Center (LIPI), Dr. Eng Asep Bayu Dani Nandiyanto dari Indonesian Education Universty, Indonesia, Dr. Atikah Kadri dari Universiti Technology MARA (UiTM), Malaysta, Dr. Teuku Rihayat dari State Polytechnics of Lhokseumawe, Indonesia dan Dr. Novi Hery Yono dari PPSDM MIGAS-CEPU, Indonesia. Pada sharing session, banyak pertanyaan dari para peserta yang menunjukkan, bahwa kondisi pandemi ini tidak menyurutkan semangat peneliti untuk mempersiapkan masa depan dengan rekayasa teknologi berkelanjutan.

Kegiatan ICChEAS 2021 juga menjadi wadah untuk pertukaran dan kolaborasi yang dinamis antara komunitas akademik dan komunitas penelitian mengenai rekayasa teknologi berkelanjutan. Dengan menghadirkan penulis-penulis paper yang luar biasa, ICChEAS 2021 membuka sesi paralel untuk menjalin silaturahmi dan diskusi terkait penelitian-penelitian yang telah dilakukan.