Semarang-Jawa Tengah (9/11). Universitas Diponegoro kembali menggelar upacara akademik Wisuda Undip ke-164. Acara digelar secara daring bertempat di Gedung Prof. Soedarto, S.H. kampus Undip Tembalang Semarang. Perhelatan wisuda digelar mulai tanggal 10-11 November 2021 dengan menggunakan platform zoom dan live streaming via channel youtube Undip TV.

“Menyandang predikat cumlaude, Wali Kota Semarang H. Hendrar Prihadi, S.E., M.M. akan turut mewakili wisudawan untuk memberikan sambutan khusus pada wisuda tahap ke-2 pada Rabu, 10 November 2021. Adapun wisudawan yang mewakili ucapan terima kasih antara lain Salsabila dari Fakultas Hukum pada wisuda tahap 1, Ramandhika Alief Nurahayu P dari Fakultas Teknik pada tahap 2. Kemudian Berlian Risqi Rahmadhani dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, juga Muhammad Habirur Rahman dari Fakultas Sains dan Matematika’, ungkap Dr. Agus Suherman, S.Pi, M.Si. selaku Kepala Sekretariat dan Protokol Universitas Diponegoro. “Sesuai jadwal, Wali Kota Semarang H. Hendrar Prihadi, S.E., M.M. akan diwisuda pada hari pertama Rabu (10/11) tahap kedua”, imbuhnya.

Wali Kota Semarang H. Hendrar Prihadi, S.E., M.M baru saja menyelesaikan program studi (S-3) dan berhak menyandang gelar Doktor usai mengikuti sidang promosi doktor di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) pada Rabu (29/9/2021). Wali Kota Semarang dua periode tersebut lulus meraih predikat cumlaude. Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi mengusung disertasi dengan judul Model Tata Kelola Kota Cerdas Kota Semarang. Pria kelahiran Semarang 30 Maret 1971 ini menyampaikan judul karya ilmiah tersebut dilatarbelakangi kondisi permasalahan dan tantangan perkotaan di era global sekarang ini, termasuk diantaranya adalah Kota Semarang. Dari masalah dan tantangan tersebut Hendi kemudian mencari solusi cerdas dan konsep cerdas.

Agus menambahkan jumlah wisudawan yang akan diwisuda pada tanggal 10-11 November 2021 sejumlah 2563 orang yang terdiri dari program Doktor sejumlah 29 orang, Magister berjumlah 200 orang, Spesialis ada 53 orang, Profesi 118 orang, Sarjana sebanyak 1577 orang. Sementara dari program Diploma 3 berjumlah 544 orang dan Diploma IV sebanyak 42 orang.

“Lulusan Undip adalah lulusan yang sudah disiapkan baik sebagai pencari kerja (job seeker) yang kompetitif dan juga pembuka lapangan kerja (job creator) yang handal. Performa kinerja pendidikan yang prima dibuktikan dengan Undip meraih peringkat pertama pada Ranking QS Employability yang diumumkan tanggal 23 September 2021 lalu, yang menunjukan kecepatan dan ketepatan lulusan Undip dalam mendapatkan pekerjaan”, pungkasnya.