SEMARANG – Tim Fakultas Hukum (FH) Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meraih medali emas dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah International Science and Invention Fair (ISIF) 2021. Karya ilmiah berjudul “Clitoria Ternatea as Jam Solution for Blood Sugar Balance” berhasil menyisihkan 600 karya para mahasiswa dari 36 negara.

Keberhasilan Tim FH Undip cukup mengejutkan, mengingat karya tulis yang diajukan bukan bidang yang didalami di bangku kuliah. Namun tim yang terdiri dari Adelia Sani Rivenda, Amanda Zakira, Nadilla Faatimah Yahya, Naila Farradhia dan Wildan Mahendra, berhasil meyakinkan juri melalui karya ilmiah tentang Bunga Telang sebagai Solusi Selai untuk Keseimbangan Gula Darah. Keprihatinan mereka melihat tingginya tingkat penderita diabetes terutama di Indonesia dan risiko komplikasi yang diakibatkannya, menghasilkan karya yang penting dan bermanfaat.

“Tentunya kami merasa amat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pencapaian yang telah kami raih. Sebelumnya kami merasa tidak percaya diri mengingat status kami sebagai mahasiswa baru dan berjuang dengan tim yang baru pula,” ujar Wilda Mahendra, salah satu anggota Tim FH Undip di ajang ISIF 2021 kepada tim humas, Rabu (10/11/2021).

ISIF adalah kegiatan internasional tahunan yang cukup bergensi. Adapun penyelenggaranya adalah gabungan dari berbagai organisasi seperti Indonesian Young Scientist Association (IYSA), Science Hunter Indonesia, Malaysia Innovation Invention Creativity Association (MIICA), dan BUCA IMSEF (International Music, Science, Energy, Engineering Fair). Setiap tahun sedikitnya 500 peserta yang berasal dari 36 negara berpartisipasi pada lomba yang diklasifikasikan pada beberapa bidang penelitian diantaranya life science, social science, technology, physics, environment, dan mathematics.

Secara teknis lomba dilaksanakan 25 Oktober hingga 1 November 2021. Adelia Sani Rivenda, anggota tim lainnya, menambahkan, latar belakang pemilihan judul dan inovasi itu  adalah tingginya tingkat penderita diabetes terutama di Indonesia dan risiko komplikasi yang dikarenakan penyakit diabetes itu sendiri. Di bawah bimbingan Dosen FH Undip, Dr. Siti Malikhatun Badriyah S.H., M.Hum, tim berhasil membuat suatu inovasi produk selai yang berbahan dasar clitoria ternatea  (bunga telang) yang memiliki kandungan untuk mengatasi permasalahan diabetes.

Disinggung persiapannya sendiri, Adelia mengatakan sebenarnya tidak seratus persen berjalan dengan lancar dan matang. Karena, waktu menemukan ide inovasi ini sangat dekat dengan waktu pendaftaran. Selain itu kendala jarak antar anggota tim juga turut andil sebagai faktor penghambat, dalam prosesnya sering terjadi kegagalan dalam pembuatan produk.

“Tetapi karena kegigihan teman-teman, kami tetap optimis dan yakin bahwa inovasi kami mampu bersaing dengan tim lainnya. Dan bersyukur bisa meraih yang terbaik buat Fakultas Hukum dan kampus Undip,” ungkap Adelia.

Sedangkan Amanda, anggota tim, mengaku sangat berterimakasih pada Undip, sebab dari segi fasilitas dan publikasi kampus Undip sangat mendukung berjalannya perlombaan dan apresiasi terhadap prestasi mahasiswanya. “Namun, sebagai mahasiswa baru fasilitasi pembinaan dan penyampaian prosedur pembiayaan serta sosialisasi lainnya dianggap masih kurang merangkul dan kami khususnya mahasiswa baru masih belum cukup teredukasi mengenai sistem administrasi dalam dunia perlombaan yang mewakili Undip,” ujarnya.

Karena itu, kepada teman-teman Fakultas Hukum dan fakultas lainnya yang ada di Undip, dia menyarankan untuk berani melangkah, berkarya dan berkompetisi di berbagai ajang yang ada. Keberanian memulai, dan percaya diri dalam mengemukakan ide menjadi faktor penting untuk masuk ajang lomba. Hal lain yang harus dilakukan adalah melakukan inovasi yang memiliki relevansi dan urgensi dengan kenyataan yang ada. “Intinya, kalian harus berani untuk memulai, ciptakan peluang untuk dirimu sendiri, dan jangan berhenti karena kamu merasa tidak percaya diri, tapi perbaiki dan mulai kembali,” tegasnya.

Atas prestasi ini, Dekan Fakultas Hukum Undip Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H, M.Hum kepada tim humas mengaku sangat bangga kepada para mahasiswanya yang telah membawa medali emas dalam ajang lomba Internasional dalam kali ini ISIF 2021. “Saya benar-benar bangga dan berterima kasih atas capaian prestasi yang diraih oleh lima mahasiswa FH Undip. Semoga dengan adanya prestasi ini dapat memicu mahasiswa FH Undip lainnya untuk meraih lebih banyak lagi prestasi membanggakan ditingkat Internasional kembali,” harap Prof Retno. (tim humas)