Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip) melakukan kunjungan ke Desa Ponggok, Kabupaten Klaten pada tanggal 12 November 2021. Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema “Pendampingan Digitalisasi Produk Komoditi Desa Ponggok, Kabupaten Klaten”.

Pada kegiatan ini Tim dari Undip melakukan koordinasi bersama Kepala Desa Ponggok mengenai potensi wisata yang terdapat pada Desa Ponggok, Kabupaten Klaten. Potensi yang dominan adalah sumber mata air yang dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata di Desa Ponggok.

Terdapat 4 wisata air yang ada di Desa Ponggok, yaitu Umbul Ponggok, Umbul Sigedang, Umbul Kapilaler, dan Umbul Besuki. Potensi wisata air ini terletak pada setiap RW dimana dalam pengelolaannya dilakukan oleh Pokdarwis dan Bumdes yang terdapat di masing-masing RW tersebut.

Tim Pengabdian Masyarakat Undip saat berkoordinasi dengan Kepala Desa Ponggok di Kantor Kepala Desa.

“Potensi wisata ini berhasil mendongkrak perekonomian warga yang dulu hanya bersumber dari pertanian. Desa Wisata di Ponggok ini mengusung semangat sustainable eco-tourism dimana para warga bersama-sama menjaga keseimbangan alam dan juga lingkungan sekitar”, tutur Bapak Junaidi selaku Kepala Desa Ponggok.

Adapun Tim Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini terdiri dari para dosen dengan multi-disciplinary background yaitu Anggun Puspitarini Siswanto, S.T, Ph.D., Girindra Putri Ardana Reswari, S.Pd., M.Sc. dan Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. Sedangkan para mahasiswa yang juga terlibat dalam pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ialah Alvina Nadia Darmawan, Almas Zakiy Firdaus dan Uzma Syarifatul Muna S.

Kegiatan pendampingan digitalisasi dari Tim Undip bertujuan untuk memfasilitasi potensi wisata air di Desa Ponggok dengan mengintegrasikan unit-unit terkait yang ada ke dalam suatu platform digital. (US-AS)

Tim Pengabdian Masyarakat Undip berdiskusi bersama dengan salah satu pengelola wisata di Umbul Ponggok.