SEMARANG – Departemen Teknologi Hasil Perikanan (THP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (Undip) mengundang dua alumni yang menjadi profesional datang ke kampus untuk mengajar dan berbagi pengalaman kepada para yunior. Pada sesi alumni mengajar yang mengangkat tema “Penguatan Jejaring Alumni untuk Menghadapi Tantangan Dunia Kerja” adalah Arlies Meta Nugraha, S.Pi, M.M. yang saat ini menjadi Head of Account Management di Kalbe E-Health; dan Ardhiansyah Rohman Palani, S.Pi yang menjabat Sales Manager PT Sinta Prima Feedmil.

Saat menyampaikan paparannya, Arlies Meta Nugraha membawakan materi bertajuk “Tantangan dan Peluang Alumni Menuju Dunia Kerja”. Dia menyatakan, walaupun berkarir di bidang yang tidak sama dengan perkuliahannya, dia menganggapnya sebagai tantangan ke depan yang harus dihadapi oleh mahasiswa.

Arlies yang merupakan angkatan tahun kedua dari Prodi THP FPIK Undip menyampaikan, bahwa dengan memasuki era revolusi industry 4.0, kesempatan untuk membuka pasar kerja semakin terbuka lebar dan tidak menuntut hanya pada satu disiplin ilmu saja. Dia sudah membuktikan bahwa lulusan bidang perikanan bisa menempati posisi yang cukup bergengsi di bidang perusahaan farmasi. “Oleh karena itu kesempatan akan selalu terbuka lebar selama mahasiswa bisa memanfaatkan peluang yang ada saat ini,” tegas Arlies.

Menurut dia, dari data tahun 2019 saat ini jumlah lulusan perguruan tinggi sebanyak 1,3 juta orang, sebanyak 18,7 persen atau 244 ribu adalah lulusan program studi ilmu pendidikan. Dari jumlah lulusan sebanyak itu, catatan periode Agustus 2019 sampai Agustus 2020 ada 1,2 juta lulusan dimana 60 persennya belum bekerja atau tidak punya usaha, 32,9 persen sedang berusaha mencari kerja.

Data tersebut jika dikomparasikan dengan tren ketersediaan lapangan kerja menurut BPS, pada Februari 2019 masih didominasi oleh tiga bidang, yaitu Sektor Pertanian Kehutanan dan Perikanan (29,46 persen); Sektor Perdagangan (18,92 persen); dan Sektor Industri Pengolahan (14,09 persen).  “Menjadi mahasiswa sekarang ini dituntut untuk terus mengembangkan diri lebih kreatif dan inovatif serta membangun jejaring sebanyak mungkin khususnya dengan alumni. Sehingga ketika lulus sudah memiliki sumber daya manusia yang adaptif dan siap bersaing di era otonomi dan disruptif ini,” jelasnya.

Alumni lain yang menjadi narasumber, Ardhiansyah Rohman Palani, menguatkan pernyataan yang disampaikan Arlies. Mengusung materi berjudul “Penguat Jejaring Alumni Menuju SDM Unggul”, Ardhiansyah Rohman Palani mengingatkan Sumber Daya Manusia (SDM), menjadi salah satu sumber utama dalam menjalankan setiap kegiatan di dalam organisasi kecil atau organisasi besar.

Organisasi akan terus menuntut SDM-nya untuk terus produktif, inovatif, dan kreatif sehingga organisasi dapat terus bertahan dan menjadi terus berkembang. “Ada lima ciri-ciri SDM berkualitas di antaranya memiliki sifat ulet, tekun, inovatif, jujur dan berdedikasi,” ungkap Ardhiansyah.

Dengan SDM yang unggul, kata dia, akan membantu peran Indonesia dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik lagi. Di sisi lain, berkembangnya teknologi juga semakin menuntut kita untuk terus inovatif dan kreatif. “Oleh karena itu, lulusan Undip harus mempunyai sifat ulet, tekun, inovatif, jujur dan berdedikasi tinggi untuk menjadi sumberdaya yang unggul di era yang banyak diidentifikasi sebagai VUCA, yakni  Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity.”

Sementara itu Dekan FPIK Undip, Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc, P.hD, saat dihubungi pada Kamis (18/11/2021) menyambut positif kegiatan Alumni Mengajar. Menurut Prof Tri Winarni, kegiatan yang melibatkan alumni ini merupakan seri kedua setelah tahun sebelumnya diadakan kegiatan yang melibatkan alumni Departemen Teknologi Hasil Perikanan.

“Melihat antusias peserta, saya rasa kegiatan ini bisa meningkatkan rasa optimis para mahasiswa menghadapi tantang dunia kerja. Sehingga saya berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi para alumni untuk memotivasi para adik-adik dalam peningkatan kesejahteraan terutama dalam pembukaan lapangan pekerjaan,” harapnya.

Acara alumni mengajar yang digelar di akhir pekan kedua November 2021 ini diikuti 195 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa S1 dari prodi Teknologi Hasil Perikanan dan prodi-prodi di FPIK Undip dan digelar secara online. (tim humas)