Dalam rangka membekali calon wisudawan agar mampu bersaing di dunia kerja dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya dan menyiapkan mahasiswa untuk mempersiapkan karirnya, Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan kegiatan pelatihan soft skills tahun 2021 dengan tema “Mau Lulus Jangan Galau, Lanjut Studi ke Luar Negeri Mengapa Tidak?”.

Pelatihan soft skills ini digelar secara hybrid di Auditorium Gedung I Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Kampus Undip Tembalang dan platform Zoom meeting pada Sabtu (20/11) pukul 08.00 WIB.

Pelatihan soft skills ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D., Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny, S.KM., MPH., Ph.D., Wakil Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H., Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Edy Surahmad, S.Pd., M.Si., Wakil Direktur Akademik Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si., dan Manajer Bagian Kemahasiswaan Muhammad Muntafi’, S.Sos.

Selain itu, acara ini turut mengundang Senior Executive Secretary of LPDP Tri Susilo, HSE Analyst Pertamina PDC (Project PHR) Gustina, S.K.M., M.Sc., dan Kepala Kantor Urusan Internasional Undip Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D., serta dimoderatori oleh Direktur Inovasi dan Kerjasama Industri Undip drh. Dian Wahyu Harjanti, Ph.D., dan Staf Pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip Robetmi Jumpakita Pinem, S.AB., M.B.A.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan yang diwakili oleh Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny, S.KM., M.P.H., Ph.D., mengungkapkan pelatihan ini bertujuan untuk melatih rasa percaya diri calon wisudawan Undip agar tetap kompetitif dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.

“Pelatihan Soft Skills ini untuk mempersiapkan lulusan Undip supaya mempunyai rasa percaya diri, jadi jangan pernah mengatakan saya tidak bisa, saya tidak cerdas. Jangan pernah diri anda bersedia dijadikan korban, dijatuhkan semangat anda dan rasa percaya diri anda”, ungkap Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny, S.KM., M.P.H., Ph.D.

Hanifa Maher berharap setelah pelatihan ini calon wisudawan Undip dapat melatih kepercayaan diri mereka agar semakin memperlancar jenjang karirnya. “Ketika penampilan anda sudah percaya diri, anda mengerjakan sesuatu akan lebih mudah. Semoga acara ini membuat anda terbuka. Cerahkan pikiranmu, buka hatimu, dan nyalakan semangatmu”, jelasnya.

Senior Executive Secretary of LPDP Tri Susilo, menjelaskan kiat-kiat tips sukses untuk mendapatkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). “Programnya LPDP itu ada 3 program beasiswa, yang pertama beasiswa afirmasi, yang kedua beasiswa targeted, dan yang ketiga beasiswa umum. Nanti teman-teman cari tahu diantara ketiga ini yang memang paling sesuai dengan minat, ketentuan administrasi, dan dari segi usia teman-teman, itu yang nanti teman-teman apply”, jelas Tri Susilo.

Tri Susilo menambahkan kunci dari suksesnya mendapatkan beasiswa itu bukan sekadar mengandalkan keberuntungan tapi dengan persiapan yang matang dan tekun. “Kita tidak hanya mengandalkan keberuntungan itu saja, tapi kita harus berjuang”, tambahnya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, LPDP telah menyelenggarakan program beasiswa magister atau doktoral untuk putra-putri terbaik bangsa, dan pendanaan riset komersial/implementatif untuk mendorong inovasi, serta rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak karena bencana alam. Terhitung per tanggal 01 Januari 2020, tercatat sudah 24.936 orang telah menerima beasiswa LPDP.

HSE Analyst Pertamina PDC (Project PHR) Gustina, S.K.M., M.Sc., mengungkapkan pesan dan pengalaman pribadinya selama menerima beasiswa LPDP. “Jadi pesannya buat adik-adik yang punya cita-cita ingin melanjutkan studi lagi gunakanlah kesempatan yang ada di LPDP, apalagi ini salah satu bentuk support Pemerintah yang menurutku sangat luar biasa”, ungkap alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip itu.

“Jadi untuk benefitnya itu tidak berhenti saat kamu lulus, tapi setelahnya pun masih terasa dan dampaknya dari beasiswa LPDP ini sungguh luar biasa besar untuk kehidupan kita”, tambah Gustina.

Kepala Kantor Urusan Internasional Undip Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D., menambahkan bahwa calon wisudawan harus mempersiapkan dari awal karir yang akan dijalani selanjutnya. “Kalian harus mempersiapkan, kalian mau jadi apa. Terus persiapkan diri kalian, terus perkaya kemampuan diri kalian kemudian biarkan alam yang selanjutnya memberikan hadiah-hadiah itu kepada kalian”, ucap Dosen Sekolah Vokasi itu.

Selain itu, para calon wisudawan diharapkan dapat beradaptasi di berbagai tempat dan situasi sehingga dapat menciptakan passion itu sendiri. “Jadi bisa kita bentuk passion itu, tergantung bagaimana kita beradaptasi. Jadi ujung-ujungnya kembali lagi kepada kemampuan adaptif itu”, jelas Anggun.

Wakil Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H., berharap pelatihan ini menjadi referensi bagi calon wisudawan agar tidak bimbang untuk melangkah ke tahap selanjutnya. “Bila 1 orang menyebarkan informasi-informasi positif pada pelatihan ini kepada teman-teman se angkatan yang sebentar lagi menjadi alumni, ini sangat luar biasa dan tidak ada lagi kegalauan”, jelasnya.

Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H., menambahkan pelatihan soft skills ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi calon wisudawan setelah lulus nanti. “Dari materi yang telah disampaikan oleh para narasumber, mudah-mudahan ini menginspirasi bahwa selama ini ada kesempatan kalau nanti anda bisa menjadi wirausaha, atau menjadi seorang job seeker, atau setidaknya anda tetap melanjutkan pendidikan dengan beberapa alternatif beasiswa yang telah disebutkan tadi”, pungkasnya.