Dalam rangka melatih jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan para mahasiswa khususnya mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi/KIPK, Universitas Diponegoro (Undip) pada Selasa (23/11) pukul 08.00 WIB di Auditorium Gedung I Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Kampus Undip Tembalang, menyelenggarakan kegiatan pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan.

Pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D., Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Hanifa Maher Denny, S.KM., M.P.H., Ph.D., Wakil Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H., Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Edy Surahmad, S.Pd., M.Si., Wakil Direktur Akademik Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si., dan Manajer Bagian Kemahasiswaan Muhammad Muntafi’, S.Sos.

Selain itu, pelatihan ini turut mengundang Owner PT. Smile Papua dan PT. Papua Maju Sejahtera Mayor Arh. H. Yoyok Riyo Sudibyo dan Ketua Inkubator Bisnis KKIB Undip Idris, S.E., M.Si., serta dimoderatori oleh Wakil Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nuswantoro Dwiwarno, S.H., M.H., dan Manajer Bagian Kemahasiswaan Muhammad Muntafi’, S.Sos.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D., mengungkapkan bahwa setelah lulus nanti para mahasiswa diharapkan dapat bertindak sebagai job creator atau sebagai pencipta lapangan pekerjaan, sehingga dapat hidup mandiri dan membantu kesejahteraan orang lain.

“Jadi ketika kalian lulus, kalian tidak harus bekerja kepada orang lain, tapi kalian bisa mandiri dan mengimplementasikan ilmu yang kalian pelajari. Dengan demikian kalian harus bisa menjadi orang-orang yang bertindak sebagai job creator atau pencipta lapangan pekerjaan dan mempersembahkan hasil kerja kalian untuk kesejahteraan orang lain”, ungkap Prof. Budi.

Prof. Budi menambahkan bahwa Undip di tahun 2021 berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia dalam QS WUR Graduate Employability Rankings. Dengan demikian membuktikan bahwa lulusan Undip di nilai paling cepat menyalurkan lulusannya untuk bekerja.

“Undip di tahun 2021 di nilai oleh QS, lembaga pemeringkatan internasional, sebagai universitas nomor satu di dalam konteks Graduate Employability Rankings. Ini artinya Undip adalah universitas yang di nilai sebagai universitas yang paling cepat bisa menyalurkan lulusannya untuk bekerja, mau itu bekerja mandiri atau bekerja dengan perusahaan atau institusi lain. Jadi segmennya ada job creator dan job seeker, dua-duanya Undip di nilai nomor satu di Indonesia”, tambah Prof. Budi.

Pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai cara memulai sebuah usaha dan bagaimana memimpinnya, serta mengelola usaha tersebut. Pemaparan materi ini oleh Owner PT. Smile Papua dan PT. Papua Maju Sejahtera Mayor Arh. H. Yoyok Riyo Sudibyo dan Ketua inkubator bisnis KKIB Undip Idris, S.E., M.Si.