Universitas Diponegoro (Undip) terpilih menjadi duta program Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Campus. Undip dipercaya sebagai pilot project dan menjadi kampus pertama di Jawa Tengah untuk menjalankan program tersebut.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jateng) telah meluncurkan program Duta QRIS Campus pada Senin (06/11) pukul 09.00 WIB bertempat di lapangan Widya Puraya kampus Undip Tembalang.

Acara ini dihadiri oleh Rektor Undip beserta jajarannya. Serta turut mengundang Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jateng) Pribadi Santoso, Head of Business Banking BNI Wilayah Semarang Indra Novianto Sibarani, dan Pimpinan Cabang BNI Undip Dwi Wahyu Sejati.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., mengungkapkan saat ini beberapa aktivitas di lingkungan kampus Undip sudah memanfaatkan fitur transaksi non tunai. “Di lingkungan Undip secara kultural sudah terbiasa, nanti akan kita sesuaikan dengan aplikasi yang ada seperti apa, nanti untuk pembayaran-pembayaran bisa secara real time.” jelas Prof. Yos.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah (BI Jateng) Pribadi Santoso dalam sambutannya mengungkapkan dengan ditetapkannya Undip sebagai Duta QRIS Campus akan semakin meningkatkan transaksi QRIS.

“Dengan dicanangkannya Undip sebagai Duta QRIS pada hari ini kami sangat optimis volume transaksi QRIS di lingkungan Undip nanti juga akan meningkat.” ucap Pribadi.

Pribadi berharap saat perkuliahan tatap muka sudah kembali normal, penggunaan QRIS oleh mahasiswa akan semakin luas, termasuk untuk belanja kebutuhan pokok dan bertransaksi di kantin.

“Kami berharap nanti pilot project ini juga bisa semakin berkembang dan juga semakin memperluas, membuat kita terbiasa bertransaksi dengan menggunakan sistem pembayaran non tunai yang relatif aman.” jelas Pribadi.

Program QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.