JAKARTA — Universitas Diponegoro (UNDIP) berhasil mempertahankan posisinya sebagai perguruan tinggi berkelanjutan terbaik kedua di Indonesia pada UI GreenMetric 2021 World Ranking University, sama dengan peringkat yang diraih Undip pada tahun 2020. Adapun di peringkat pertama UI GreenMetric 2021 ditempati Universitas Indonesia (UI) dan diperingkat ketiga adalah Universitas Gajah Mada (UGM).

Diraihnya penghargaan sebagai kampus yang lestari, sehat dan berkelanjutan ini membanggakan karena jumlah perguruan tinggi yang turut serta dalam ajang ini naik pesat. Dari Indonesia, peserta meningkat dari 88 perguruan tinggi di tahun 2020 menjadi 101 perguruan tinggi di tahun 2021; sementara secara global pesertanya naik dari 912 perguruan tinggi menjadi 956 perguruan tinggi dari 80 negara yang ada di dunia. Tahun ini partisipan dari Eropa sebanyak 261 perguruan tinggi, 53 dari Amerika Utara, 107 dari Amerika Latin, 513 dari Asia, 20 dari Afrika dan 2 perguruan tinggi dari Oceania.

Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, seusai menerima penghargaan mengaku bersyukur Undip kembali masuk dalam peringkat kedua nasional. “Prinsip dalam pengembangan di Undip dilandasi dua hal, pertama konsep bersyukur, yang kedua konsep rahmatan lil ‘alamin.,” kata Prof Yos Johan, Selasa sore (14/12/2021).

Konsep bersyukur, kata Rektor Undip, kita mensyukuri nikmat Allah karena itu kita harus menjaga kelestariannya. Baik kelestarian alam, energi, sumber-sumber air, lingkungan, semuanya. Konsep  rahmatan lil ‘alamin menyangkut kepedulian, kepedulian terhadap disabilitas, kepedulian kepada kelompok-kelompok yang harus mendapatkan akses yang bisa dimanfaatkan. Selain itu Undip juga menjadi salah satu universitas yang menjadi Benteng Pancasila, dengan dua inti konsep itulah yang menjadi dasar pengembangannya.

Prof Yos menegaskan bahwa pelayanan kepada mereka yang membutuhkan akses-askes khusus harus diutamakan. Mengenai keikutsertaan dalam UI GreenMetric adalah salah satu upaya menjaga Undip sebagai universitas yang tetap mengedepankan konsep bersyukur dan rahmatan lil ‘alamin. Prof Yos juga mengucapkan terima kasih atas upaya yang dilakukan UI untuk memacu dan memicu universitas-universitas di Indonesia untuk selalu peduli pada lingkungan, dan peduli kepada sesama umat apapun bangsanya, apapun rasnya.

Ditegaskan pula, kita harus secara bersama menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan termasuk melakukan Sustainable Development Goals (SDG’s). Pada kesempatan tersebut, Rektor Undip mengucapkan terima kasih kepada teman-teman di Undip yang sudah mengumpulkan data untuk bisa mengikuti UI GreenMetric 2021, juga yang sudah melaksanakan pembangunan-pembangunan yang mengedepankan kelestarian lingkungan, dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi sehingga Undip bisa meraih peringkat ini.

Yang pasti, tujuan Undip mengikuti kegiatan ini bukan mencari peringkat, tapi sebagai bagian dari upaya memberikan pelayanan terbaik. Prof Yos menutup tanggapannya dengan menyebutkan moto Undip yaitu Undip pasti lebih baik.

UI GreenMetric World University Rankings Awards adalah kegiatan yang diinisiasi UI sejak tahun  2010 untuk mengukur upaya keberlanjutan yang dilakukan oleh perguruan tinggi. Perangkingan dilakukan berdasarkan kerangka konsep Environment, Economy and Equity. Ketua UI Greenmetric World University Rankings 2021, Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.M, M.Sc, sebelum membacakan 10 peringkat terbaik mengatakan pada kondisi pandemi Covid-19 persentase operasi maintenance hanya beroperasi 40%.

Pengumuman dilakukan pada 14 Desember 2021 secara daring dan dimulai pada pukul 16:00. Peringkat 11-30 UI Greenmetric World University Ranking 2021 Indonesia diumumkan oleh Junaidi, S.S, M.A Wakil Ketua UI Greenmetric World University Ranking dan pengumuman peringkat 1-10 Universitas berkelanjutan terbaik di Indonesia  dilakukan oleh  Ketua UI GreenMetric 2021.

10 Perguruan Tinggi Berkelanjutan Terbaik 2021 di Indonesia

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Gajah Mada
  4. Institut Teknologi Surabaya
  5. Universitas Negeri Semarang
  6. Institut Pertanian Bogor
  7. Universitas Sebelas Maret
  8. Universitas Islam Negeri Raden Inten Lampung
  9. Telkom University Bandung
  10. Universitas Islam Indonesia Kabupaten Sleman DIY. (tim humas)