Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., pada Rabu (15/12) pukul 10.00 WIB di area Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) meresmikan embung dan area parkir motor Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip.

Acara peresmian ini turut dihadiri oleh Rektor Undip, Para Wakil Rektor, Para Dekan Fakultas, Para Pimpinan Lembaga, dan Pimpinan/Perwakilan kantor cabang bank mitra Undip.

Dalam sambutannya, Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., mengungkapkan pembangunan embung ini nantinya digunakan untuk mengantisipasi banjir di lingkungan sekitar FEB. “Selesainya pembangunan embung ini ialah untuk meminimalisir banjir,” ungkap Prof. Yos.

Prof. Yos menambahkan pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung di Undip bertujuan untuk mempermudah kegiatan-kegiatan yang berlangsung di lingkungan kampus Undip. “Contohnya orang disabilitas dibuatkan jalur khusus disabilitas, selain itu dibuatkan juga ruang laktasi, untuk mempermudah dan menolong orang lain. Kita melakukan ini semua sebetulnya dalam rangka ibadah.” tambahnya.

Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., (ketiga dari kanan) bersama dengan Dekan FEB Undip Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., (kiri) menandatangani plakat peresmian Embung dan Area Parkir Motor FEB Undip, Rabu (15/12).

Sebelumnya, Dekan FEB Undip Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., menjelaskan upaya-upaya yang sudah dilaksanakan untuk mengatasi banjir yang terjadi di lingkungan FEB Undip. “Tahun 2016 saya ingat betul setiap hujan deras pasti banjirnya luar biasa. Dua tahun yang lalu kita telah membuat sodetan di jalan depan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.” jelasnya.

Namun dengan dibangunnya embung ini, banjir yang biasa terjadi setelah hujan deras dapat diatasi. “Dan kita juga telah membuat dua gorong-gorong besar yang dimasukan ke embung. Alhamdulillah saat ini setiap hujan kita cek di jalan tidak banjir lagi, semua air masuk ke embung.” ungkap Prof. Suharnomo.

Selain embung, terdapat fasilitas area parkir, gedung serba guna, dan tempat olahraga berupa lapangan basket dan jogging track. Fasilitas area parkir ini dapat digunakan untuk semua warga Undip. “Jadi parkir ini tidak hanya untuk FEB tapi untuk siapa saja yang akan masuk kesini.” terang Prof. Suharnomo.