Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi terbaik di Indonesia, Universitas Diponegoro (Undip) berkomitmen untuk selalu menjunjung tinggi integritas, dengan memastikan setiap unit di dalamnya melaksanakan kinerja yang baik dan akuntabel dengan memberikan pelayanan prima kepada seluruh stakeholder internal dan eksternal. Keberhasilan Undip kembali dibuktikan di penghujung tahun ini dengan capaian yang diraih oleh Fakultas Teknik Undip sebagai Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK).

Predikat ini diberikan kepada Undip dan institusi lainnya di Indonesia pada acara “Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas menuju WBK/WBBM 2021” yang diselenggarakan secara offline dan online oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Hadir sebagai perwakilan Undip yakni Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD., beserta jajarannya, bertempat di lantai 4 Gedung Dekanat FT Undip pada pukul 08:00 WIB untuk mengikuti acara secara virtual.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB, Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si., menyatakan bahwa semua institusi berusaha menjadi yang terbaik dalam mewujudkan misi Indonesia Maju dan Berdaya Saing Internasional. Penganugerahan Zona Integritas ini dilaksanakan melalui evaluasi transparan dalam hal pelayanan publik dan praktek birokrasi antikorupsi.

“Ini bukan hanya kompetisi ranking, tetapi unit WBK (Wilayah Bebas Korupsi) / WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) dapat menjadi role model integritas kinerja. Telah terpilih 10 pimpinan perubahan dan 558 agen pelopor perubahan dari berbagai instansi pemerintah. Diharapkan predikat ini dapat memantik semangat integritas di zona instansinya,” tutur Erwan Agus.

Mengusung tema “Making Change, Making History”, Kementerian PANRB menggandeng institusi untuk menegakkan birokrasi dalam menjalankan program pembangunan secara efektif dan efisien sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Langkah-langkah penting dalam membentuk zona integritas antara lain menjunjung komitmen yang tinggi, mengutamakan kemudahan pelayanan, menjalankan program yang menyentuh masyarakat, monev berkelanjutan, serta manajemen media yang efektif.

Menurut Menteri PANRB Republik Indonesia, H. Tjahjo Kumolo, S.H., konsep reformasi birokrasi merupakan katalisator good and clean governance untuk pemerintahan yang lebih baik. “Pencapaiannya ditandai dengan pelayanan publik yang prima secara cepat dan efisien. Kecepatan reformasi birokrasi menunjukkan manajemen pemerintahan yang adaptif dengan menciptakan inovasi seiring globalisasi,” ungkap Menteri PANRB RI.

Fakultas Teknik Undip menjadi pilot project dalam upaya Undip menjadi WBK yang mana bebas dari KKN, pungli, calo, dan suap; melaksanakan pelayanan prima; serta program kerjanya dapat bermanfaat langsung untuk masyarakat. Dinobatkannya FT Undip sebagai WBK 2021 di bawah naungan Kemendikbud Ristek merupakan pencapaian yang membanggakan dan berkelanjutan dalam mewujudkan reformasi birokrasi.

Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD., selaku Dekan FT Undip mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam memajukan FT Undip. Beliau berharap capaian ini dapat mendukung visi Undip menuju World Class University. “Semua lembaga bergerak menjadi yang terbaik, menjadi lebih berkualitas dalam melayani masyarakat. Sudah waktunya kita sebagai instansi pendidikan juga berinovasi sebagai agent of change. Harapannya predikat WBK ini dapat menjadi budaya, sebagai budaya kerja, mindset dan attitude. Bekerja dengan baik tanpa korupsi dan  menghasilkan inovasi pelayanan ini amanat untuk kita semua agar bekerja secara sistematis dan berkelanjutan sehingga dalam 2 (dua) tahun kedepan Fakultas Teknik Undip bisa meraih WBBM. Teknik Jaya, Undip pasti lebih baik,” pungkas Prof. Agung. (Titis-Public Relations)