SEMARANG – Program Studi (Prodi) Magister (S2) Psikologi Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro (UNDIP) mendapatkan akreditasi baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Status tersebut diperoleh sejak 1 Desember 2021, dan berlaku sampai dengan 1 Desember 2026.

Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D., mengatakan status  Akreditasi Baik yang dicapai Prodi Magister Psikologi ini merupakan salah satu hadiah akhir tahun yang terbaik bagi seluruh civitas akademika Fakultas Psikologi Undip. Apalagi sebelumnya Prodi Sarjana Psikologi Undip juga meraih akreditasi Internasional dari  Foundation for International Business Adminitration Accreditation (FIBAA). ‘’Capaian ini menjadi penyemangat dalam menyongsong tahun-tahun berikutnya,’’ katanya, Senin (27/12/2021).

Magister Psikologi Undip,  menurutnya, memiliki keunggulan dibandingkan Prodi serupa di perguruan tinggi lain. Keunggulan itu adalah konsentrasi peminatan pada bidang psikologi keluarga dan kesehatan mental. ‘Kami menghasilkan lulusan Magister Psikologi yang memiliki kompetensi di bidang psikologi keluarga dan kesehatan mental,’’ Sawitri menegaskan.

Secara tegas dinyatakan, capaian tersebut juga mendukung visi Undip karena memiliki highlight mahasiswa yang dapat menghasilkan output riset berkualitas, yakni minimum artikel jurnal nasional SINTA 4 atau artikel prosiding seminar Internasional terindeks Scopus. Adapun kegiatan yang mendukung untuk mencetak lulusan yang mumpuni, diantaranya kuliah dengan mengundang sejumlah dosen tamu, baik dari dalam maupun luar negeri. Juga pelatihan penulisan karya ilmiah, dengan mengundang para pakar.

Fakultas Psikologi Undip juga mengadakan workship series dalam rangka peningkatan kapasitas mahasiswa S-2 dalam melakukan riset berkualitas. Sementara untuk visi yang dicanangkan Program Pendidikan Magister Psikologi Undip adalah menjadi institusi pendidikan magister psikologi yang unggul dengan reputasi Nasional dan Internasional melalui riset yang dijiwai oleh nilai budaya untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia pada tahun 2025.

Sawitri mengungkapkan, visi tersebut kemudian diterjemahkan dalam sejumlah misi yang mendukung terciptanya Magister Psikologi Undip untuk mampu bersaing. Adapun misinya adalah  menyelenggarakan pendidikan psikologi yang inklusif terhadap ilmu lain untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia.

Dalam melaksanakan misinya, dilakukan penelitian psikologi yang berwawasan budaya Nusantara yang dipublikasikan di tingkat Nasional dan Internasional. Kemudian melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia. Juga melaksanakan evaluasi secara teratur untuk meningkatkan kualitas, profesionalitas, kapabilitas, akuntabilitas dan tata kelola serta kemandirian dalam penyelenggaraan program.

Magister Psikologi Undip juga aktif menjalin  kerjasama dengan perguruan tinggi, institusi dan pihak lain, baik  di level Nasional dan Internasional. Upaya itu dilakukan untuk menunjang peningkatan kompetensi civitas akademika dan kualitas output di bidang pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penyelenggara Prodi Magister Psikologi Undip bertekad mencetak lulusan yang mampu sebagai pengembang program, pembuat kebijakan, fasilitator pemberdayaan keluarga, konselor, penggerak masyarakat, konsultan, pendidik, dan peneliti. Prodi Magister Psikologi Undip lahir tahun 2018 berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 699/un7.p/hk/2018 tentang pembukaan Program Studi Psikologi Program Magister (S2) pada Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. (tim humas)