SEMARANG  – Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro (UNDIP) menyediakan ruang kerja komunal bernama Innovative Business Center (IBC) di Jalan Erlangga Pleburan Kota Semarang sebagai ruang bagi kaum milenial khususnya mahasiswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Ruangan seluas 300 m2 itu memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses berkarya.

Fasilitas IBC tersebut terbagi dalam tiga bagian yaitu ruang kerja bersama, ruang tamu serta ruang studio mini. Adapun fasilitas penunjang yang disediakan meliputi AC, meja, kursi, sofa, proyektor, papan tulis, almari kabinet, akses internet, serta mini cafe untuk kebutuhan makanan kecil dan minuman.

Dekan Sekolah Vokasi Undip, Prof. Dr. Budiyono, M.Si., saat meresmikan Ruang Kerja Komunal Innovative Business Center pada Kamis (06/01/2022), mengatakan fasilitas tersebut berada di lingkungan Departemen Bisnis dan Keuangan Sekolah Vokasi Undip. Dekan berharap fasilitas ruang kerja komunal bisa mewadahi mahasiswa sebagai generasi milenial untuk mengembangkan bakat dan kreatifitasnya. “Kita dukung para mahasiswa dalam menghasilkan startup yang kreatif dan inovatif serta membangun jejaring dengan pihak lain,” kata Prof. Budiyono.

Menurut dia, dengan kemajuan teknologi yang terjadi saat ini, Sekolah Vokasi Undip optimis dapat menghasilkan wirausaha-wirausaha baru. “Peresmian ruang kerja komunal Sekolah Vokasi Undip ini salah satu wujud kesiapan kita menyongsong era baru yang sangat dinamis. Pasalnya bidang vokasi butuh kemampuan lulusan yang sesuai dengan ilmu terapan dan dapat diaplikasikan di dunia industri secara langsung,” paparnya.

Ruang kerja komunal Innovative Business Center bukan saja memadai dalam hal fasilitasnya, namun juga nyaman digunakan untuk bekerja, diskusi dan berkumpul dengan komunitasnya. Karena itu Ketua Departemen Bisnis dan Keuangan Sekolah Vokasi Undip, Dr. Edy Rahardja, M.Si., menyambut gembira atas peresmian ruang kerja komunal tersebut. “Ruang kerja komunal tersebut dapat meningkatkan kinerja lembaga, baik untuk dosen maupun mahasiswa dalam peran serta Tri Dharma perguruan tinggi,” jelasnya.

Edy Rahardja menegaskan ruang kerja komunal ini untuk selanjutnya akan digunakan sebagai wadah berbagai kegiatan pelatihan-pelatihan dalam bisnis dan wirausaha serta menjalin kerjasama dengan dunia industri serta pihak lain. Ruang kerja komunal juga dimanfaatkan untuk menginkubasi para mahasiswa yang memiliki minat di bidang bisnis dan wirausaha untuk mengembangkan bisnisnya agar sesuai dengan kemajuan teknologi dan perkembangan bisnis saat ini.

Dalam kesempatan tersebut Sekolah Vokasi Undip juga melakukan penandatanganan kerjasama dengan Dunia Industri dan Dunia Kerja. Penandatanganan kerjasama dilakukan antara Sekolah Vokasi Undip dengan tiga Kantor Akuntan Publik (KAP) dan dua Kantor Konsultan Pajak (KKP). Masing-masing adalah  KAP Rahardja, KAP Idjang Sutikno, KAP Darsono, KKP Dr. Frans Sudirjo serta KKP Alex dan Rekan.

Kerjasama ini sebagai bentuk link and match antara perguruan tinggi dengan dunia kerja dengan kerjasama dalam bidang pengembangan pendidikan vokasional, pengembangan matakuliah dan kurikulum, serta memfasilitasi kuliah dosen tamu dan mahasiswa magang. (tim humas)