Mata yang sehat hingga lanjut usia adalah dambaan semua orang, namun seiring bertambahnya usia maka akan ada risiko terjadinya penurunan pada fungsi penglihatan. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan mata pada lansia. Seiring bertambahnya usia, fungsi penglihatan akan menurun. Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan mata lansia dengan makanan yang bergizi dan bernutrisi sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan mata pada orang tua.

“Fungsi mata adalah sebagai organ penglihatan, dengan merawatnya justru agar tidak bermasalah. Mata yang harus dirawat bagi para lanjut usia, tidak harus menunggu jika ada masalah. Pada usia senja mau tidak mau ada perubahan-perubahan organ mata yang akan mengalami penuaan berbeda dengan saat kita berusia relatif lebih muda” ungkap dr. Puspita Kusuma Dewi, M.Si.Med., Sp.M, Dokter Spesialis Mata, Rumah Sakit Nasional Diponegoro Universitas Diponegoro.

dr. Puspita menyampaikan, seseorang yang telah berusia, struktur matanya terjadi perubahan fungsi, misalnya katarak, mengeluhkan matanya iritasi, orang yang sudah berusia kelopak matanya berubah menjadi lebih kendur, sering merah, keluar air mata banyak, karena di bola mata kita bisa mengalami ketidakstabilan pelembab mata, sehingga matanya lebih kering dan menurun ketajamannya. Hal-hal seperti itu yang perlu penanganan khusus.

“Untuk perawatan mata pertama kita harus mempertahankan fungsinya semaksimal mungkin, caranya dengan melakukan pola hidup yang baik, menggunakan mata dengan kondisi yang optimal, menjaga mata dengan jarak yang baik tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh, makan-makanan yang sehat, olah raga dan istirahat cukup yang bisa kita lakukan sejak muda dan kita pertahankan terus hingga usia senja sehingga fungsi penglihatannya menjadi baik, jangan lupa juga untuk selalu bahagia dan optimis” tuturnya.

“Semua vitamin itu baik untuk mata, tidak harus vitamin A, vitamin D atau E pun  dapat dikonsumsi untuk kesehatan mata, dan juga didukung pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, buah dan sayur” lanjut dr. Puspita.

“Jika ada keluhan mata, saya sarankan untuk tidak melakukan pengobatan mandiri, lebih baik konsultasikan ke dokter mata untuk memberikan terapi yang lebih tepat. Apabila tidak ada keluhan ada baiknya melakukan pengecekan paling tidak minimal satu tahun sekali untuk memastikan kondisi mata kita sehat. Kita tidak bisa menghindari penuaan, akan tetapi jika ada perubahan di mata kita perubahan itu masih bisa kita sesuaikan dan menjaganya semaksimal mungkin misalnya dengan kaca mata atau obat-obatan sehingga meskipun mengalami penuaan, mata akan tetap berfungsi secara optimal” pungkasnya. (Lin-Humas)