Pengakuan internasional terhadap kualitas pendidikan di Undip bisa dilihat dari hasil Pemeringkatan Academic Reputation QS WUR ini. Dengan status Undip sebagai PTNBH menjadikan Undip lebih mantap dan berotoritas dalam menjalankan proses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas tinggi dan mampu melayani masyarakat luas. Proses pendidikan dan kegiatan akademik yang selama ini berjalan di Undip telah berada pada jalur yang benar dan harus terus-menerus ditingkatkan kualitasnya. Lulusan Undip termasuk kategori yang berdaya saing maju dan siap berkompetisi di dunia pekerjaan. Alumni Undip juga tersebar di seluruh Indonesia bahkan di berbagai negara dengan profesi yang beragam. Hal ini mendukung penguatan reputasi internasional Undip, terutama Academic Reputation. Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Yos Johan Utama dalam acara Workshop Penguatan Academic Reputation pekan lalu.

Workshop Penguatan Academic Reputation ini mengundang para alumni yang berprofesi di bidang pendidikan dan mitra akademisi Undip. Workshop ini bertujuan untuk memaksimalkan dan mengkoordinasikan alumni yang akan berkontribusi dalam penguatan academic reputation perangkingan QS WUR 2022.

Dalam kesempatan ini, Prof Mohamad Nasir sebagai pemateri menyampaikan mengenai “Strategi Undip Menuju World Class University”. Prof Nasir mengatakan bahwa saat ini QS World University Rankings (QS WUR) telah dinobatkan menjadi salah satu pemberi ranking universitas terbaik di dunia dan diakui oleh International Ranking Expert Group (IREG). QS WUR dengan 6 kriteria penilaian kualitas institusi perguruan tinggi, memberi bobot penilaian yang besar pada Academic Reputation sebesar 40%.

Prof. Mohamad Nasir saat menyampaikan materi dengan judul Strategi Undip Menuju World Class University.

“Penilaian kriteria Academic Reputation ini menggunakan survei terhadap 130.000 lulusan dari perguruan tinggi yang terkenal di dunia. Para subjek survey ini akan diminta menjawab pertanyaan terkait kualitas pendidikan dan pengajaran suatu institusi perguruan tinggi, kualitas lulusan, dan kualitas penelitian dan publikasi. Meski dari tahun ke tahun pemeringkatan Undip melalui QS WUR terus naik, Undip harus terus meningkatkan kualitas akademik meliputi kualitas proses pengajaran, aktivitas riset dan publikasi, kualitas SDM, dan kualitas lulusan” tuturnya.

Selanjutnya, narasumber kedua Prof. Denny Nugroho Sugianto menyampaikan bahwa saat ini penilaian academic reputation Universitas Diponegoro yang dimiliki Undip masih kurang dibanding dengan perguruan tinggi negeri yang lain, yaitu  dengan skor 14.2. Posisi Undip dengan skor ini harus berupaya terus agar kualitas pendidikan dan pengajaran kita semakin baik. Upaya yang Undip sudah lakukan beberapa tahun terakhir cukup berbuah manis dengan posisi peringkat Undip saat ini. Beberapa tahun terakhir, dengan upaya meningkatkan riset dan publikasi, meningkatkan kualitas SDM, pembenahan dan inovasi proses pengajaran, dan menggalakkan jejaring alumni, diharapkan akan juga meningkatkan penilaian dan pemeringkatan Undip.

Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc.

Share this :