Universitas Diponegoro menerjunkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tanggap Bencana Peduli Semeru. KKN ini akan diterjunkan mulai dari tanggal 31 Januari 2022 hingga 14 Maret 2022.

KKN ini diawali dengan perekrutan mahasiswa KKN yang berasal dari lintas fakultas dan program studi, diutamakan yang memiliki kecakapan terkait dengan bencana seperti mahasiswa wapeala, KSR, maupun Pramuka, namun tidak menutup untuk mahasiswa lainnya.

Seleksi KKN ini diikuti oleh 91 mahasiswa melalui serangkaian tes mulai dari tes wawancara dan juga tes kesehatan yang bersifat mutlak, sehingga diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan dalam kondisi prima. Hasil seleksi menyatakan hanya 30 mahasiswa yang lolos untuk diterjunkan pada KKN ini.

Untuk mengawal program kegiatan dilapangan, KKN ini dibekali dengan materi kebencanaan yang diberikan oleh 3 Pemateri. Pertama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Bapak Patria Dwi H, M.Si., berkaitan dengan materi pemetaan dan mitigasi bencana erupsi Semeru. Kedua disampaikan oleh Rektor Universitas Lumajang, Bapak Dr. M. Hariyadi Eko Romadhon, S.Sos, M.Si., dengan materi kecakapan personal dalam daerah bencana dan KKN Kerjasama. Dan materi ketiga disampaikan oleh Ketua Prodi Magister Ilmu Lingkungan Undip, Bapak Dr. Eng. Maryono, S.T., M.T., berkaitan dengan pengelolaan sampah bencana.

KKN ini direncanakan akan dilepas oleh Rektor Undip Bapak Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum., tanggal 31 Januari 2022 di LPPM Undip, didampingi oleh Ketua LPPM Undip Bapak Prof. Dr. Jamari S.T., M.T., Wakil Ketua LPPM bidang penelitian Bapak Prof. Dr. Agus Subagio, S.Si, M.Si., Wakil Ketua LPPM bidang pengabdian masyarakat Ibu Prof Dr. Rahayu, S.H, M.Hum., dan Sekretaris Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata(P2KKN) Bapak Kurniawan Teguh Martono, S.T., M.T. Tim KKN ini akan diterima oleh Bupati Lumajang Bapak H. Thoriqul Haq, S.Ag., MML di hari yang sama.

Pembacaan Doa KKN Tematik Peduli Semeru