Mahasiswa KKN yang berlokasi di Kelurahan Lengkong Gudang, Serpong, Tangerang Selatan melaksanakan salah satu program kerjanya, yakni Senam Hipertensi. Menurut Atsaniyah Khoirunnisa (Mahasiswa Fakultas Kedokteran) hipertensi yang memiliki julukan sebagai “Si Pembunuh Senyap” merupakan penyakit tidak menular yang menjadi salah satu penyebab utama kematian prematur di dunia. Kebanyakan dari penderita penyakit ini tidak menyadari mengenai penyakit yang diderita. Hipertensi menjadi salah satu ancaman bagi masyarakat karena kemampuannya untuk menimbulkan kondisi komplikasi seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal ginjal.

“Dari data yang didapatkan pada wilayah Lengkong Gudang, kebanyakan peserta Posbindu atau Pos Binaan Terpadu mengalami penyakit hipertensi sehingga kami menyelenggarakan program senam sehat sebagai pengendalian hipertensi” tuturnya.

Atsaniyah mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengendalian penyakit hipertensi, seperti pemeriksaan kesehatan secara rutin dan mengikuti anjuran dokter, mengatasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, diet dengan gizi seimbang, penerapan aktivitas fisik dengan aman dan menghindari asap rokok, alkohol dan zat karsinogenik lainnya.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, setelah senam dilanjutkan dengan kegiatan cek kesehatan gratis seperti cek tekanan darah, gula darah, dan cek kesehatan penyakit menular bersama bidan dari Puskesmas Serpong.

“Kedepannya diharapkan kegiatan senam sehat penanggulangan hipertensi dapat terus dilakukan pada posbindu, karena gerakan senam yang ringan dan mudah diikuti memudahkan para peserta untuk melakukannya dan menciptakan pola hidup yang sehat bagi penderita penyakit hipertensi” pungkasnya. (Lin-Humas)

 

 

 

Share this :