“Universitas Diponegoro dikelola dengan berdasar pada nilai kasih sayang dan rahmatan lil alamin, sebagai sesuatu yang menjadi rahmat bagi umat manusia bahkan alam semesta. Sodaqoh akan menyelamatkan kita, saat kita bersodaqoh dan orang yang diberi senang atau orang tersebut bercerita sambung menyambung, disitulah letak keabadian bersodaqoh. Misalnya seseorang menyampaikan bahwa dulu ada mahasiswa KKN Undip  datang ke tempat mereka, mungkin tidak memberi materi tetapi pelayanannya bagus. Hal tersebut pasti akan diceritakan terus menerus, selain itu senyum kita kepada orang yang sedang kesusahan memiliki nilai yang sangat berharga” tutur Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. dalam acara Penerjunan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Peduli Semeru, di halaman gedung ICT Kampus Undip Tembalang (31/1).

“Sebagai penolong, syaratnya dia sendiri harus  selamat, maka jaga keselamatan, jaga kesehatan,  luruskan niat sehingga tidak mudah mengeluh, jangan lupa beribadah dan berdoa, hormati orang setempat, berikan kesan yang baik-baik dan mendalam bagi masyarakat serta selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait” pesan Rektor kepada mahasiswa KKN.

Dalam kesempatannya Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Undip, Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T. menyampaikan KKN Peduli Semeru ini merupakan kegiatan akademik rutin, termasuk tematik sekaligus kegiatan kepedulian nyata dari Undip untuk masyarakat. Pendaftar KKN sebanyak 91 mahasiswa kemudian dilakukan proses wawancara selama 2 hari dan disaring menjadi 34 mahasiswa.

Selanjutnya dari 34 mahasiswa dilakukan tes kesehatan dan akhirnya yang lolos sebanyak 30 mahasiswa yang berasal dari  hampir semua fakultas di Undip mewakili. Pembekalan telah dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Januari 2022 dengan materi pemetaan dan mitigasi bencana oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPBD) Lumajang, kecakapan personal dalam daerah bencana dan KKN  kerjasama dengan Rektor Universitas Lumajang, serta mengenai pengelolaan sampah bencana.

“KKN ini dimulai 31 Januari hingga 14 Maret 2022 di dua lokasi, yaitu desa Sumbermujur dan Desa Sumberwuluh. Mahasiswa KKN Undip akan diterima secara langsung oleh Pemkab Lumajang dan Bupati Lumajang. Kebahagiaan adalah ketika kita bisa memanfaatkan hidup kita untuk membantu orang lain dan orang yang sangat berbahagia bukanlah orang yang mendapatkan paling banyak tetapi orang yang bisa memberikan paling banyak” ungkapnya. (Lin-Humas)